Sukses

Harga Minyak Dunia Melonjak, Catatkan Pekan Terbaik dalam Sejarah

Minyak mentah Brent naik 13,9 persen, mantap di level USD 34,11 per barel.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak melonjak lagi pada perdagangan Jumat (Sabtu waktu Jakarta) dengan harapan bahwa kesepakatan pengurangan produksi akan segera tercapai.

Hal ini setelah OPEC dan sekutu-sekutunya mengumumkan mereka akan mengadakan pertemuan virtual pada Senin mendatang dan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan mengatakan bahwa regional ingin melihat aksi global terhadap pemotongan sekitar 10 juta barel per hari.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (4/4/2020), harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS melonjak 11,93 persen atau USD 3,02, ke level USD 28,34 per barel. Pada sesi tertinggi, WTI naik lebih dari 12 persen hingga diperdagangkan pada USD 28,56.

Dalam sepekan ini, WTI naik 31,7 persen dan menjadikan pekan terbaiknya dan kembali ke awal kontrak pada 1983. Sementara patokan internasional, minyak mentah Brent naik 13,9 persen, mantap di level USD 34,11 per barel.

Rusia pada awalnya menolak pemotongan tambahan yang diusulkan oleh OPEC pada awal Maret lalu. Tetapi Reuters melaporkan pada hari Jumat bahwa Putin mengatakan produksi perlu dipotong sekitar 10 juta barel per hari, namun AS juga harus mengambil tindakan.

"Dalam pandangan kami tidak ada pilihan OPEC+ yang terlibat, retorika adalah window-dressing, pasar akan memberikan potongan, dan mereka akan lebih dalam daripada perjanjian OPEC+," kata Direktur Pelaksana Mizuho Paul Sankey dalam sebuah catatan.

Pada Kamis kemarin, harga minyak WTI dan Brent membukukan rekor hari terbaik mereka setelah Presiden Donald Trump mengatakan kepada CNBC bahwa ia mengharapkan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman untuk mengumumkan kesepakatan untuk memangkas produksi minyak sebesar 10 juta hingga 15 juta barel, meskipun tepat detail dari pemotongan masih belum jelas.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Minyak Dunia Cetak Rekor

Harga minyak meroket pada hari Kamis setelah Presiden Donald Trump mengatakan kepada CNBC bahwa Saudi dan Rusia akan mengurangi tekanan pada minyak. Ini sekaligus mengakhiri perang harga yang telah berkontribusi terhadap penurunan besar minyak mentah.

Dikutip dari CNBC, Jumat (3/4/2020), minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) melonjak 24,67 persen menjadi USD  25,32 per barel, untuk kenaikan persentase satu hari terbesar dalam sejarah.

Mengingat penurunan WTI 59 persen tahun ini. Tentu saja, sekarang menyumbang persentase pergerakan yang jauh lebih besar. Benchmark internasional, minyak mentah Brent melonjak 17,8 persen, atau USD 4,40, diperdagangkan pada USD 29,14 per barel.

Trump mengatakan kepada Joe Kernen CNBC Kamis bahwa ia berbicara kepada Presiden Putin kemarin dan Putra Mahkota Saudi Kamis dan mengharapkan mereka mengumumkan pengurangan produksi minyak 10 juta barel dan bisa mencapai 15 juta.

Presiden kemudian berkicau di twitter bahwa pengurangan produksi akan bagus untuk industri minyak & gas. Komentarnya datang sebelum pertemuan dengan para eksekutif industri energi yang dijadwalkan pada hari Jumat. Hal ini membuat harga minyak lebih dahulu mengalami kenaikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini