5 Kegiatan di Rumah untuk Ajarkan Anak Atur Keuangan

Oleh Liputan6.com pada 05 Apr 2020, 06:00 WIB
Diperbarui 05 Apr 2020, 06:00 WIB
Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Pandemi virus corona membawa tantangan yang benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya kepada orang tua. Salah satu yang paling sulit adalah homeschooling, terutama karena kebanyakan orang tua tidak memiliki pengalaman dalam hal ini, ditambah banyak juga yang menyeimbangkan pekerjaan.

Untuk menghindari kelebihan, kuncinya adalah melakukan kegiatan dengan anak yang mengajarkan pelajaran dan keterampilan yang perlu diajarkan kepada mereka.

Kegiatan di bawah ini sangat bagus untuk dilakukan karena mereka tidak hanya mengajarkan keuangan; kegiatan ini dapat membantu anak Anda memahami konsep matematika yang penting, fakta sejarah, dan pelajaran bisnis. Berikut adalah lima kegiatan yang dapat dilakukan dengan mudah bersama anak-anak muda, sambil terus mengerjakan mata pelajaran inti mereka, dari buku  Beyond Piggy Banks and Lemonade Stands: How to Teach Young Kids About Finance.

1. Permainan Detektif

Yang Anda butuhkan untuk kegiatan ini adalah satu contoh dari masing-masing: sen, nikel, uang receh, seperempat,. Jika Anda tidak memiliki contoh masing-masing di rumah, cukup gunakan apa yang Anda miliki atau lihat gambar secara online. Mulailah dengan hanya berbicara tentang fitur koin. Tanyakan anak a yang mana yang perak? Apa koin terbesar? Manakah dari pria yang memiliki koin yang berambut panjang? Mana yang memiliki sisi halus dan mana yang kasar? kemudian dapat berbicara dengan mereka tentang presiden yang ada di setiap koin - kapan mereka menjadi presiden dan apa yang paling mereka dikenal? Ini tidak hanya membuat mereka terbiasa dengan uang, tetapi Anda juga mengajari mereka beberapa fakta menyenangkan tentang sejarah dan pemerintahan.

2. Menyortir Koin

Dapatkan segenggam koin dan minta anak a memilahnya menjadi 4 tumpukan: uang receh, uang receh, uang receh, dan seperempat. Mintalah melakukannya lagi dengan bermacam-macam yang berbeda. Ini mungkin kedengarannya tidak seperti mengajarkan apa-apa, tetapi ini memberikan paparan dan pengulangan kepada anak, keduanya dibutuhkan untuk membuat mereka nyaman dan terbiasa dengan uang.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Menghitung Koin

Ilustrasi uang koin (iStock)
Perbesar
Ilustrasi uang koin (iStock)

Sejajarkan semua koin dengan nilainya dan ingatkan anak berapa nilai masing-masing. Untuk menggambarkan ini, di sebelah sen, masukkan satu sen. Di sebelah nikel, masukkan lima sen, dan sebagainya. Kemudian beralih ke beberapa kegiatan penghitungan sederhana seperti yang di bawah ini.

Buat dua tumpukan koin dan tanyakan anak Anda mana yang lebih besar dengan menghitung jumlah koin. Kemudian dengan dua tumpukan yang sama, minta anak Anda untuk mencari tahu mana yang lebih bernilai dengan menghitung nilainya.

4. Uang Matematika

Menghitung uang secara alami mengarah ke matematika. Sejajarkan kelompok koin acak dan minta anak menghitung berapa nilainya. Mulailah dengan mudah dengan sejumlah kecil koin dan tambahkan koin saat anak menjadi lebih baik dengan matematika. Kemudian minta mereka menyelesaikan persamaan matematika. Anak tidak hanya belajar penjumlahan dan pengurangan, tetapi Anda juga menyelinap dalam pembagian dan perkalian.

5. Buat Anak Membayar  

Mulailah bermain sebagai pelanggan, dengan anak sebagai kasir. Sebagai kasir, anak  perlu menentukan berapa banyak uang yang harus dibayarkan, dan berapa banyak perubahan yang akan diterima pelanggan. Kemudian berganti peran, dan mintalah anak untuk menghitung berapa banyak uang yang mereka perlukan untuk membeli barang-barang di keranjang belanja mereka.

Bermain game "dunia nyata" memungkinkan anak untuk melatih keterampilan matematika mereka, tetapi juga mengajarkan  konsep-konsep penting seperti nilai uang dan bagaimana bisnis menghasilkan uang.

Reporter : Tiara Sekarini

Lanjutkan Membaca ↓