Sukses

KKP Pasok Protein ke Tenaga Medis di 10 Rumah Sakit yang Tangani Corona

Total bantuan Tahap 1 yang dikucurkan sebesar Rp 513,7 juta. Total dana tersebut setara dengan 28.600 unit olahan ikan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan bantuan kepada tenaga medis di 10 rumah sakit di DKI Jakarta yang menangani pasien Corona. Bantuan yang diberikan berupa makanan dalam bentuk paket protein Gemarikan Bencana Covid-19.

Dalam paket tersebut berisi abon ikan, kerupuk ikan, ikan kaleng, fish stick, sereal ikan dan ikan atau udang krispy.

"Kami hadir di Rumah Sakit Persahabatan untuk menyerahkan secara simbolis dalam rangka ikut berpartisipasi permasalahan Covid-19," kata Menteri KKP Edhy Prabowo saat menyerahkan paket protein Gemarikan untuk tenaga medis di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Kamis (2/4/2020).

Selain RSUP Persahabatan, paket yang sama juga akan dibagikan ke semnilan rumah sakit lainnya. Di antaranya RSPAD Gatotsubroto, RSUP Fatmawati, RSAL Mintoharjo, RSUP Persahabatan, RSUD Pasar Minggu, RSU Bhayangkara Tk.I R. Said Sukanto, RSPI Sulianti Saroso, RSUD Cengkareng, RSAU Dr. Esnawan Antariksa, dan RS Islam Jakarta.

Edhy menuturkan dalam menanggulangi wabah ini, KKP mengambil peran penguatan di sektor makanan. Lewat makanan berprotein tinggi diharapkan cukup untuk menangkal virus.

"Obat-obatan sudah ada yang ngurus, APD sudah ada yang ngurus. Kita coba melalui pendekatan protein yaitu ikan," sambung Edhy.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buat Masyarakat Terdampak

Selain untuk tenaga medis, paket Gemarikan Peduli Bencana Covid-19 ini juga akan diserahkan kepada masyarakat terdampak. Paket akan diberikan pada pekerja ojek online, sopir taksi, dan sopir angkutan umum lainnya di wilayah DKI Jakarta dan terminal Depok.

"Kami pastikan KKP terdepan mengawal protein melalui perikanan. Mudah-mudahan ini menjadi semangat bagi yang lain," lanjut Edhy.

Dirjen PDSPKP, Nilanto Perbowo mengatakan total bantuan Tahap 1 yang dikucurkan sebesar Rp 513,7 juta. Total dana tersebut setara dengan 28.600 unit olahan ikan.

Produk-produk tersebut dibeli dari UKM Pengolahan Hasil Perikanan di wilayah DKI Jakarta, Bogor, Bandung dan Sukabumi. Olahan ikan tersebut terdiri dari 3.200 bungkus Abon Ikan, 3.200 bungkus Ikan/Udang Krispy, 1.500 bungkus Fish Chip, 1.000 bungkus Fish Stick, 3.700 bungkus Kerupuk Ikan, 500 bungkus Teri Krispy, 500 bungkus Sereal Ikan, dan 15.000 Ikan Kaleng.

"Penyerahan bantuan ini merupakan wujud apresiasi dan kepedulian kami kepada para tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam penanganan Covid-19," kata Nilanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini