Pengusaha Ritel Buka Pintu Lebar-Lebar Buat UKM yang Ingin Jualan di Mal

Oleh Liputan6.com pada 02 Apr 2020, 12:40 WIB
Diperbarui 02 Apr 2020, 12:40 WIB
25 Produk UMKM di Banyumas memasuki toko retail modern. (Foto: Liputan6.com/Galoeh Widura)
Perbesar
25 Produk UMKM di Banyumas memasuki toko retail modern. (Foto: Liputan6.com/Galoeh Widura)

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) bersama Pemerintah dan Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia, melakukan kerja sama untuk meluncurkan program "From Local Go National Retail" yang berfokus pada "Produk UKM Milenial".

Program ini bertujuan melindungi kelangsungan usaha pelaku UMKM dalam negeri, di tengah pelemahan ekonomi nasional akibat pandemi virus Corona di Indonesia.

"Kita dorong UKM masuk ke pasar retail nasional. Agar tidak gulung tikar," kata Ketua Bidang UMKM Aprindo, Handito Joewono saat dikonfirmasi Merdeka.com pada Kamis (2/4/2020).

Program ini menyasar sejumlah pelaku usaha UMKM yang dikhususkan bagi kaum milenial, yang belum memiliki jaringan pasar penjualan secara luas. UMKM yang dibangun milenial dianggap kelangsungan usaha bisnisnya rentan terpengaruh perlambatan ekonomi nasional, akibat wabah virus Corona.

Handito menyebut, kebijakan yang diambil oleh pemerintah yang menghimbau warganya untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, guna menekan penyebaran virus Corona, berdampak negatif bagi ekonomi nasional, dengan menurunnya daya beli masyarakat di berbagai daerah Indonesia.

"Bahkan di DKI Jakarta, pada Maret, terdapat penurunan permintaan masyarakat akan sejumlah bahan pangan hingga 20 persen," imbuh dia.

 

2 dari 2 halaman

Beri Akses

Ragam Produk UMKM Dipamerkan di Hari Disabilitas Internasional 2019
Perbesar
Tongkat alat bantu jalan dipamerkan pada acara puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional 2019 di Plaza Barat Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Acara ini berlangsung pada tanggal 2-3 Desember 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Untuk itu, melalui program "From Local Go National Retail", dirinya menyebut para pelaku UMKM domestik akan diberikan kemudahan akses dalam menjual berbagai produk unggulannya, seperti; aneka makanan olahan, aneka minuman olahan, ikan hasil budidaya maupun daging-dagingan dan lainya, di sejumlah tokoh retail domestik ternama.

"Seperti kita bisa ikutkan produk UMKM, untuk ikut diperjual belikan secara dsring, melalui website tokoh retail," sahutnya

Bahkan ia kemudian mengklaim program tersebut segera terlaksana, utamanya untuk membantu pemerintah dalam mengamankan stok bahan pangan menjelang bulan puasa Ramadan.

Lanjutkan Membaca ↓