Sukses

3 Modal Utama Jadi Pengusaha Sukses, Tidak Melulu Soal Duit

Mungkin saja alasan ingin jadi pengusaha karena tak tahan bekerja di bawah tekanan sebagai karyawan di sebuah perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta Siapapun yang sudah memiliki usaha atau bisnis sendiri bisa mengklaim bahwa dirinya adalah seorang pengusaha. Tapi tahukah bahwa ada sesuatu hal yang harus dilakukan seseorang bila ingin menyandang predikat pengusaha sukses.

Coba renungkan sejenak, apakah kamu yang saat ini sedang merintis atau membangun bisnis sendiri sudah mantap jiwa menjadi pengusaha? Ataukah hanya mengikuti tren karena banyak anak muda mendirikan perusahaan startup, bermain di bisnis waralaba, dan lainnya? Pertanyaan ini harus kamu jawab dalam hati kecilmu.

Mungkin saja alasan ingin jadi pengusaha karena tak tahan bekerja di bawah tekanan sebagai karyawan di sebuah perusahaan.

Emoh disuruh ini itu oleh si bos, dan lebih memilih bebas menjadi pengusaha lantaran waktu kerja yang tidak terikat. Dengan begitu, keinginan menjadi pengusaha bukan murni karena passion, tapi ada motif lain yang justru bisa jadi boomerang di masa mendatang.

Pengusaha sukses tidak lahir secara instan. Melainkan dengan cucuran keringat dan air mata. Kerja keras, pantang menyerah, dan tahan banting di segala situasi dan kondisi. Termasuk saat harus berada dalam keadaan terpuruk sekalipun.

Berikut ini 3 hal yang membentuk seorang pengusaha dari cuma ecek-ecek menjadi pengusaha besar, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Berani bermimpi

Setiap orang harus memiliki mimpi yang besar. Seperti kuote Presiden RI 1, Soekarno, “Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang."

Begitupun untuk menjadi pengusaha besar nan sukses. Harus dimulai dari mimpi. Jika mimpi saja tidak berani tinggi, bagaimana kamu bisa bertindak untuk sesuatu yang besar.

Mimpi menjadi pengusaha sukses dapat memotivasimu ke arah maju. Dalam setiap langkah, selalu ingat mimpi tersebut, maka kamu akan terus bersemangat dalam meraihnya.

Mimpi itu adalah tujuanmu, jadi tetap fokus. Jangan tergoda bujuk rayu orang lain yang dapat mengacaukan mimpimu menjadi nyata.

2. Berani mencoba

Begitu mimpi sudah setinggi langit, hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah bertindak. Berani mencoba apapun jalan untuk menggapai mimpi tersebut, meskipun penuh risiko dan terjal. Jika mengalami kegagalan, jangan langsung putus asa.

Cari solusinya dan bangkit dengan menempuh jalan lain. Ingat, tak ada pengusaha sukses yang jalannya mulus seperti jalan tol.

Pasti akan menemui kendala. Puluhan, bahkan ratusan kali menghadapi jatuh bangun. Tapi semua itu dilalui dengan semangat pantang menyerah.

Bisnis penuh dengan risiko. Siapa yang berani mengambil risiko, dialah yang akan jadi pemenang. Tentunya kamu harus memikirkan dan mencari mitigasi atau cara untuk mengurangi risiko bisnis tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Sokongan dari keluarga

Selain faktor internal, faktor lain yang mendorong seseorang bisa menjadi pengusaha besar atau pengusaha sukses adalah faktor eksternal.

Yaitu yang berasal dari orang-orang sekitar dalam bentuk dukungan atau sokongan. Dukungan ini sangat penting karena bisa menjadi kekuatanmu untuk melangkah ke depan, sesuai mimpi besarmu.

Dukungan paling berarti adalah dari keluarga. Saat keluarga merestui apa yang kamu lakukan, maka itu bisa menjadi doa dan semangatmu menjadi pengusaha andal.

Namun sebaliknya, ketika keluarga tak memberi dukungan, itu akan menjadi tekanan untukmu. Mau melangkah serba salah, takut karena tidak ada support dari keluarga.

Dampaknya bisnis yang sudah kamu bangun, bisa saja berantakan. Selain sokongan dari keluarga, kamu juga perlu peran dari mentor atau pembimbing bisnis.

Mentor bisnis ini bisa berasal dari orang-orang terdekatmu yang sudah berpengalaman dalam dunia bisnis. Dapat menjadi panutanmu karena kesuksesannya mengembangkan usaha.  

Peran mentor di sini adalah berbagi pengalaman bisnis yang dapat menginspirasimu, membimbing langkahmu dalam berbisnis, hingga menghubungkan dengan relasi bisnisnya yang sudah banyak.

Paling penting, mentor bisnis akan selalu ada untuk memotivasimu, baik dalam kondisi bisnis untung maupun buntung atau masa-masa sulit.  

Yakinlah, Usaha Tidak Akan Pernah Mengkhianati Hasil  

Saat mimpi di bawa dalam ikhtiar dan doa, pasti akan membuahkan hasil. Ada yang prosesnya berjalan lambat, tapi ada juga yang cepat.

Itu semua tergantung pada kerja keras dan kerja cerdasmu. Ingat, tidak ada usaha yang sia-sia. Teruslah berusaha memberikan yang terbaik untuk kemajuan bisnismu. Maksimalkan seluruh kemampuan dan keahlianmu, insting bisnismu, agar hasilnya sesuai dengan harapan.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.