Sukses

Selain RI, Deretan Kucuran Stimulus Berbagai Negara demi Perangi Dampak Corona

Beberapa negara berani mengucurkan dana besar-besaran demi melawan dampak Virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta Semua negara di dunia tak tinggal diam. Pandemi Virus Corona atau Covid-19 yang menjangkiti ribuan warga dunia, membuat banyak negara menyiapkan anggaran besar-besaran demi memerangi dampak virus yang pertama kali muncul di China ini.

Indonesia misalnya, antara lain mengucurkan total anggaran hingga Rp 158,2 triliun dalam menghadapi dampak Virus Corona. Stimulus tersebut antara lain mencakup tahap pertama sebesar Rp 10,3 triliun, stimulus kedua Rp 22,9 triliun dan lainnya.

Sekretaris Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Susiwijono mengatakan, anggaran tersebut didorong untuk menjaga stabilitas ekonomi Indonesia di tengah dinamika ekonomi global, termasuk adanya virus corona atau Covid-19.

Beberapa negara juga melakukan langkah sama. Berani mengucurkan dana besar-besaran demi melawan dampak Virus Corona.

Berikut beberapa negara yang menggelontorkan stimulus, seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber seperti CNBC, AFP, Bloomberg, Jumat (27/3/2020):

1. India

Teranyar, India mengumumkan paket stimulus ekonomi senilai 1,7 triliun rupee, setara USD 22,5 miliar atau Rp 360 triliun. Paket stimulus tersebut ditujukan untuk menanggulangi dampak Covid-19, terutama membantu jutaan rumah tangga berpenghasilan rendah selama negara tersebut melakukan masa lockdown.

India menjadi bagian dari negara yang melakukan lockdown demi mencegah penyebaran Covid-19. Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman menuturkan jika bentuk stimulus adalah pemberian makanan bagi rumah tangga miskin dan melalui transfer tunai langsung.

"Kami telah menyiapkan paket, yang akan segera menangani masalah, masalah kesejahteraan, pekerja miskin dan pekerja yang menderita dan mereka yang membutuhkan bantuan segera," jelas dia dikutip dari CNBC.

2. Amerika

Negara Adidaya, tak luput sebagai negara yang terdampak Covid-19. Negara ini pun memutuskan meluncurkan stimulus USD 2 triliun atau sekitar Rp 3.200 triliun guna menangani pandemi Corona dan dampaknya terhadap ekonomi.

Paket stimulus ini merupakan yang terbesar dalam sejarah Amerika. Anggaran USD 500 miliar (Rp 8.000 triliun) untuk membantu industri yang terpukul dan bantuan tunai langsung untuk jutaan keluarga masing-masing mencapai hingga USD 3.000 atau sekitar Rp 48 juta.

3. Jepang

Pemerintah Jepang mengumumkan paket kebijakan senilai USD 4,1 miliar (Rp 65,6 triliun) untuk menahan dampak Corona ke ekonomi. Paket ini akan digunakan untuk membantu perusahaan kecil dan menengah dalam mengajukan pinjaman tanpa bunga. Serta, termasuk di dalamnya subsidi bagi warga

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Singapura

Negara tetangga Indonesia ini, telah dua kali meluncurkan paket stimulus. Pertama, Singapura mengeluarkan empat paket stimulus ekonomi senilai USD 4,6 miliar (6,4 miliar dolar Singapura) setara Rp 73,6 triliun untuk menekan dampak penyebaran Virus Corona.

Dana ini antara lain ditujukan untuk sektor penerbangan, pariwisata, dan ritel. Serta uang tunai dan voucher belanja bagi masyarakat yang membutuhkan. Serta sokongan ke Kementerian Kesehatan, seperti melansir AFP.

Stimulus kedua, Singapura kembali mengucurkan stimulus kedua senilai 48 miliar dolar Singapura (USD 33,7 miliar). Anggaran ini untuk mendukung bisnis dan rumah tangga.

5. Malaysia

Negeri Jiran Malaysia ikut mengumumkan paket stimulus total senilai 20 miliar ringgit atau USD 4,8 miliar (Rp 76,8 triliun). Paket stimulus ini diberikan untuk menyokong bisnis yang terpukul oleh dampak virus corona, terutama industri pariwisata.

7. Korea Selatan

Pemerintah Korea Selatan mengalokasikan anggaran senilai 11,7 triliun won (USD 9,9 miliar) setara Rp 158,4 triliun untuk membantu sektor kesehatan, bisnis dan rumah tangga dalam menghadapi Covid-19. Sebelumnya pemerintah juga mengumumkan keringanan pajak dan subsidi sewa.

 

3 dari 3 halaman

8. Australia

Australia mengumumkan stimulus ekonomi sebesar 17,6 Dolar Australia. Tujuannya agar warga negara Australia tetap memiliki pekerjaan dan pebisnis (khususnya UKM) tetap berbisnis.

9. China

China menggelontorkan stimulus melalui People’s Bank of China (PBOC) atau bank sentral, dengan memperpanjang pinjaman sebesar USD 174 miliar untuk membuat pasar uang stabil dan perbankan memiliki cash on hand.

Kemudian negara ini, mengucurkan kembali USD 79 miliar untuk membantu perusahaan-perusahaan yang dilanda virus Corona.

10. Hong Kong

Pemerintah Hong Kong menggelontorkan stimulus senilai 120 miliar Dolar Hong Kong (USD 15,4 miliar) untuk mendorong ekonomi dalam negerinya yang lesu akibat wabah virus Corona. 

Stimulus diberikan kepada semua penduduk yang akan menerima 10 ribu dolar Hong Kong atau USD 1.280. Bantuan diberikan untuk meningkatkan konsumsi dalam negeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini