Sukses

Indonesia Minta Semua Negara G-20 Kompak Tangani Corona Covid-19

Lewat KTT Luar Biasa G20, Indonesia mendorong langkah konkret dan kolaboratif dalam menangani pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia meminta semua negara anggota yang ikut dalam KTT Luar Biasa G20 kompak dalam menghadapi pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Ini diungkapkan Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rizal Affandi Lukman, selaku Sherpa G20 Indonesia, Kamis (26/3/2020).

Dia mengatakan, lewat KTT Luar Biasa G20, Indonesia mendorong langkah konkret dan kolaboratif dalam menangani pandemi Covid-19.

Dia menilai bila semua negara anggota berkolaborasi dan berkomitmen menjalankan strategi yang disepakati bersama maka penyebaran virus ini bisa segera diatasi.

"Ditekankan pula bahwa statement para pemimpin G20 akan bermanfaat jika setiap negara anggota G20 berkomitmen untuk berkolaborasi dan bekerjasama dalam penanganan pandemi global dimaksud," jelas dia dalam keterangan.

Ada beberapa poin utama yang direkomendasikan menjadi bagian dari leaders statement. Pertama meningkatkan proteksi sosial terhadap kelompok rentan, termasuk masyarakat usia lanjut, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), serta pekerja dengan upah rendah.

Kedua, mendukung dan memastikan keselamatan tenaga medis sesuai dengan standar World Health Organization (WHO) melalui kemudahan akses terhadap obat-obatan dan alat pelindung diri (APD).

"Dalam hal ini, Indonesia meminta agar setiap negara G20 dapat turut memfasilitasi perdagangan dan mobilitas obat serta kebutuhan medis lainnya, antara lain melalui upaya relaksasi prosedur ekspor-impor," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal Lain

Keempat, lanjut Rizal, segala bentuk kontribusi finansial yang bersifat global harus tetap merujuk pada kondisi dan prioritas nasional.

"Hal ini mengingat adanya perbedaan kebutuhan dan prioritas dalam negeri dari setiap negara yang terdampak untuk mengerahkan segala sumber daya yang tersedia," ujarnya.

Terakhir, perlu adanya komitmen para pemimpin dunia dalam menciptakan kolaborasi dan kerja sama yang lebih kuat guna mencegah resesi ekonomi global yang lebih dalam akibat dari keberlanjutan pandemi ini.

"Selain itu, Indonesia mendukung usulan Presidensi Arab Saudi memasukkan jaring perlindungan sosial atau social safety net sebagai salah satu upaya melindungi masyarakat miskin dalam menghadapi dampak Covid-19, khususnya di negara-negara berkembang," pungkasnya.

Dalam hal ini juga, Indonesia menyetujui proposal Jepang untuk memasukkan paragraf yang berisi dukungan para pemimpin G20 bagi Pemerintah Jepang yang akan menunda pelaksanaan Olimpiade 2020 sebagai akibat dari merebaknya Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • G20 atau Group of Twenty adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (UE).

    G-20

  • virus corona

Video Terkini