Luhut Bantah Pemerintah Lamban Tangani Wabah Corona

Oleh Liputan6.com pada 26 Mar 2020, 13:35 WIB
Diperbarui 26 Mar 2020, 13:35 WIB
Menjelang Pengumuman Hasil Pemilu 2019, Menko Luhut Beri Keterangan Pers

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan membantah kritikan terkait kinerja pemerintah yang dinilai lamban dalam  penanganan pandemi Virus Corona (Covid-19) di Indonesia.

"Menurut saya sih enggak, karena semua dilaksanakan secara gradual dan cermat," tegas Luhut melalui siaran Video Conference, pada Rabu (25/3).

Baginya unsur kehati-hatian justru diperlukan oleh pemerintah dalam menangani wabah virus covid-19, yang diklaim sebagai virus jenis baru. Sehingga pemerintah berulang kali mengadakan rapat untuk membahas kesiapan tim Kementerian Kesehatan terkait penanganan virus covid-19.

Luhut kemudian berujar bahwa dengan menekankan unsur kehati-hatian, justru mempermudah kinerja Kementerian Dalam Negeri (Kemndagri) dalam meningkatkan koordinasi bersama pemerintah daerah. Untuk menekan penyebaran virus Covid-19 sesuai dengan aturan undang-Undang yang berlaku.

Bahkan, pemerintah Indonesia dinilai berhasil membuat terobosan dengan  membentuk tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang berfungsi menajamkan kemampuan koordinasi pemerintah dalam memerangi wabah virus corona di Indonesia.

"Itu sudah langkah yang tepat sekali," pungkas Menko Luhut.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Tangkal Dampak Corona, Pemerintah Siapkan Stimulus bagi UMKM

Berburu Produk UMKM Unggulan di Pameran KKI 2019
Pengunjung melihat produk dalam pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2019). Pameran ini menampilkan produk-produk UMKM RI mulai dari kain, pakaian, tas, hingga berbagai kuliner seperti kopi buatan anak negeri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemerintah tengah menyiapkan stimulus bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Hal ini guna menekan dampak wabah virus corona terhadap kegiatan ekonomi pelaku usaha tersebut.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, sebenarnya dibalik tekanan terhadap ekonomi akibat wabah virus corona, ada peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, khususnya UMKM.    

"Untuk UMKM ada yang terdampak dan ada peluang, terutama mensubstitusi impor buah-buahan, sayur dan lain-lain," ujar dia di Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Namun demekian, pemerintah tetap akan menyiapkan stimulus bagi para pelaku UMKM. Hal ini agar sektor tersebut bisa terus tumbuh meski muncul tekanan terhadap ekonomi akibat wabah virus corona ini.

"Sama nanti ada kebijakan stimulus ekonomi untuk UMKM. Dan sedang menyipakan stimulus ekonomi untuk meningkatkan penjualan," kata dia.  

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Tinggal di Kanada, Harry dan Meghan Diminta Bayar Biaya Keamanan Sendiri