Sukses

Hotel Khusus Tenaga Medis Virus Corona Sediakan Ruang Isolasi Mandiri

Pemerintah bakal bekerjasama dengan jaringan hotel untuk menyediakan tempat tinggal darurat bagi para tenaga medis dan relawan dalam mengatasi Corona covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama mengatakan, pemerintah bakal bekerjasama dengan jaringan hotel untuk menyediakan tempat tinggal atau hunian darurat bagi para tenaga medis dan relawan dalam mengatasi Corona covid-19. Hotel tersebut akan berada di dekat rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan pasien Corona.

"Kami sedang mempersiapkan kerja sama dengan jaringan hotel untuk menjadi sarana tempat tinggal para tenaga medis dan gugus tugas diberbagai daerah agar mereka lebih dekat dengan rumah sakit yang menangani wabah," ujar Wishnutama pada video konverensi, Senin (21/3/2020).

Lebih lanjut, ia Wishnutama mengatakan, jika diperlukan nantinya bisa dijadikan lokasi isolasi mandiri. Namun ia belum membeberkan secara pasti hotel mana saja yang nantinya akan bekerja sama dengan pemerintah.

Selain hunian, pemerintah juga akan mempersiapkan transportasi untuk para tenaga medis dan gugus tugas.

"Kemenparekraf juga sedang melakukan koordinasi dengan penyedia transportasi untuk menyediakan alat transportasi untuk para petugas medis dan gugus tugas," ujar Wishnutama.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lawan Covid-19, Menhan Prabowo: Tenaga Medis Pahlawan Bangsa

Sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menegaskan akan ekstra kerja keras demi membantu para tenaga medis menangani penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Kita sangat menghargai para dokter, perawat, para pahlawan sekarang adalah mereka," tutur Prabowo di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin (23/3/2020).

 

Dia yakin dengan kerja sama seluruh intansi pemerintah dan setiap elemen masyarakat, Indonesia akan berhasil menangani penyebaran Covid-19.

"Saya sendiri sudah dapat komunikasi dengan Menteri Ketahanan Republik Rakyat Tiongkok, Beliau tanyakan butuh apa? Saya sudah kirim daftar," jelas Prabowo.

Menhan meminta masyarakat dapat bersatu dan tidak panik. Ia meminta masyarakat menyikapi pandemi Covid-19 dengan serius, tapi tenang.

Dan kembali apresiasi berikut belasungkawa disampaikan mantan Danjen Kopassus ini untuk para tenaga medis.

"Sudah ada korban. Kalau dulu dalam perang terbuka tentara di garis depan, sekarang dokter, pahlawan bangsa. Kita akan bekerja keras mendukung mereka," Prabowo menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.