Sukses

BKPM Siapkan 3 Skenario Tekan Dampak Corona ke Investasi

BKPM tengah menyiapkan 3 skenario investasi tahun 2020 sebagai bentuk mitigasi dampak pandemi Corona di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyatakan pihaknya tengah menyiapkan tiga skenario investasi tahun 2020 sebagai bentuk mitigasi dampak pandemi Corona di Indonesia.

Bahlil menyatakan ada tiga simulasi skenario realisasi investasi, optimis, moderat dan pesimis yang sudah disiapkan. Hal itu dibuat dengan membandingkan pergerakan investasi di triwulan I 2020 dengan triwulan I 2019.

"Nanti akan diumumkan lah akhir bulan ini. Sudah diajukan juga ke Presiden (skenario realisasi investasi)," kata Bahlil di Command Center BKPM, Senin (23/3/2020).

Untuk saat ini, Bahlil sendiri meminta agar seluruh izin usaha yang berkaitan dengan penanganan Corona dipercepat. Melalui Command Center BKPM, Bahlil memperlihatkan perkembangan izin usaha di sektor kesehatan, yang ada di Kementerian Kesehatan, merangkak naik dari peringkat 5 ke peringkat 2.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Percepat Perizinan

Data BKPM di Command Center menunjukkan, hingga hari ini pemerintah telah mengeluarkan 1.482 izin edar alat kesehatan dan 1.255 sertifikat distribusi penyalur alat kesehatan.

Bahlil menyatakan, kondisi ekonomi saat ini mengharuskan pihaknya mempercepat proses izin, terutama yang berkaitan dengan alat-alat kesehatan.

"Kalau izin alat kesehatan mandeg, bisa langsung telepon saya. Nanti BKPM akan bantu meski kewenangan bukan di BKPM," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.