Sukses

Pandemi Corona Bikin Dana Asing Keluar dari Indonesia

Modal asing turun disebabkan pasar keuangan global sedang tertekan oleh penyebaran Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan, aliran keluar modal asing melonjak dalam beberapa minggu terakhir. Penyebab keluarnya dana asing tersebut karena pasar keuangan sedang tertekan akibat penyebaran virus Corona.

Tak tanggung-tanggung, semula dana asing yang parkir di Indonesia mencapai USD 5 miliar (periode Januari hingga akhir Februari 2020). Namun dengan adanya virus Corona ini dana asing yang ada di Indonesia tinggal USD 360 juta (periode Februari hingga 17 Maret 2020).

"Modal asing turun disebabkan pasar keuangan global sedang tertekan oleh penyebaran Covid-19. Aliran investasi ke portofolio pada Januari 2020 berbalik karena adanya ketidakpastian global," kata Perry saat menyampaikan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG), Kamis (19/3/2020).

Nilai tersebut lebih rendah dari kuartal IV 2019 dimana aliran asing masuk tercatat mencapai USD 6,59 miliar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cadangan Devisa

Meski demikian, posisi cadangan devisa pada akhir Februari 2020 masih baik, mencapai USD 130,4 miliar atau setara dengan pembiayaan 7,7 bulan impor atau 7,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah dan ada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Dengan demikian, dapat pula disampaikan bahwa Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) berada di kondisi yang baik, ditopang potensi menurunnya defisit transaksi berjalan.

"NPI baik, ditopang potensi menurunnya defisit transaksi berjalan yang pada Februari 2020 lalu tercatat surplus USD 2,34 miliar," kata Perry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini