Sukses

Mendag Gelontorkan 20 Ribu Ton Gula untuk Wilayah Jakarta

Pasokan gula diharapkan bisa menstabilkan harga gula pada Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp12.500.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, mengatakan stok bahan pokok aman, termasuk gula juga sudah digelontorkan sebanyak 20-30 ribu ton ke Jakarta.

"Sore ini saya melihat stok bahan pokok, Alhamdulilah stoknya ada, khususnya gula yang kemarin mengalami kelangkaan sekarang sudah digelontorkan mulai dari kemarin, digelontorkan tahap pertama sekitar 20 ribu, kemudian 30 ribu," kata Agus setelah melakukan kunjungan ke ritel modern di Transmart Duta Merlin, Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Ia berharap setelah pasokan gula tersedia, bisa menstabilkan harga gula pada Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp12.500, sehingga tidak ada kenaikkan lagi, hingga bulan puasa dan hari raya lebaran.

"Makin hari semakin lebih banyak dan harganya sesuai dengan HET Rp12.500," ujarnya.

Rencananya juga, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kementerian pertanian dan yang lainnya, untuk terus mamantau dan mengontrol perkembangan pangan gula di ritel maupun dipasaran.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Turunkan Harga Gula

Hal serupa juga disampaikan oleh Kabareskrim Polri Irjen Listyo Sigit, sebelumnya ia mengatakan bahwa pihaknya dan Pemerintah daerah Lampung telah sepakat bahwa Rabu, 18 Maret 2020 akan dikirimkan kurang lebih 33 ribu ton gula dari Lampung untuk penuhi kebutuhan gula di Jakarta. Sehingga ia berharap harga gula bisa turun, dan kembali stabil.

Sementara itu, lanjut menteri Agus, harga gula di toko online atau e-commerce sebelumnya banyak ditemukan harga yang di atas HET hingga Rp20 ribu perkilo gramnya.

Menanggapi hal itu, ia mengatakan karena tahap distribusi gula ini baru dimulai jadi belum mengikuti harga HET. "Ini kan mulai digelontorkan, toko-toko tertentu sudah menerima. Hari ini dan besok digelontorkan terus, seperti untuk Alfamart dan Indomaret. Nanti dari Aprindo silakan akan koordinasi dengan kita," pungkasnya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.