Sukses

Terpaksa Kerja dari Rumah, Begini Siasatnya

Banyak strategi atau cara untuk menyiasati saat harus bekerja dari rumah.

Liputan6.com, Jakarta Virus Corona atau Covid-19 yang menyebar memaksa banyak warga dunia mengambil langkah cepat untuk mencegah penyebarannya.

Salah satunya melalui sistem kerja dari rumah (work from home). Banyak perusahaan baik tinggal global maupun nasional menerapkan kerja dari rumah demi melindungi pekerjanya.

Banyak strategi atau cara untuk menyiasati saat harus bekerja dari rumah. Seperti tips berikut seperti melansir laman Bloomberg, Jumat (20/2/2020):

1. Maksimalkan Produktivitas

Cobalah untuk tetap berpegang dengan rutinitas asli sebelum mulai bekerja dari rumah. Saat bangun jangan langsung bekerja.

Namun beri diri sedikit waktu usai bangun tidur untuk rutinitas sebelum ke kantor, seperti minum kopi, atau membuat sarapan. Kalau perlu berganti pakaian, bukan lagi baju tidur.

Itu adalah bagian dari trik mental untuk membatasi antara pekerjaan dan rutinitas hidup. “Itu membuat saya merasa terjaga, segar, produktif, dan tidak jorok,” kata Kristine Servando, Wakil Kepala Digital Asia di Hong Kong.

Kemudian menciptakan ruang kerja seperti di kantor. Cobalah untuk mengatur ruang kerja di rumah. Cari ruangan yang cukup terang atau memiliki pencahayaan alami sebanyak mungkin. Pakai kursi yang nyaman.

Beberapa langkah tersebut juga demi menjaga produktivitas bekerja, seperti saat berada di dalam kantor.

2. Tetapkan Batas

Ketika bekerja dari kantor, mudah untuk bekerja terus menerus. Namun saat bekerja di rumah, perlu menekankan saatnya Anda harus berhenti.

Misalkan, tahan keinginan untuk kembali ke komputer setelah makan malam. Kalau tidak, kehidupan kerja akan mempengaruhi kehidupan rumah, secara fisik dan mental.

Jika memungkinkan, tentukan area kerja, bukan menggunakan meja dapur atau tempat tidur. Ini membantu memberikan ruang mental yang lebih baik daripada yang mungkin Anda pikirkan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Saat Ada Anak di Rumah

Bila memiliki anak di rumah, tentu menjadi tantagan tersendiri untuk bekerja dari rumah. Agar  tak menggangu, pikirkan kegiatan untuk mereka. Seperti pekerjaan rumah tangga yang ringan atau meminta membereskan mainan.

Kemudian bicarakan dengan anak-anak tentang kondisi yang terjadi. Buat penjelasan, mengacu pada usia anak. Sebab ini juga wilayah baru bagi anak-anak.

4. Aturan Jaga Jarak

Adanya aturan jaga jarak bukan hal mudah, terutama jika bagi seseorang yang terbiasa dengan kantor yang ramai.

Misalkan saat jam makan siang, yang biasanya bersama rekan kerja. Ini bisa disiasati misalkan makan siang sambil menonton Youtube tentang orang makan.

Anda juga dapat mencoba menonton film dengan sahabat Anda, melalui jarak jauh.

Jika happy hour sudah menjadi kebiasaan rutin sebelum bekerja dari rumah, cobalah untuk membuatnya kembali secara virtual.

Meskipun aneh pada awalnya, tapi memang hal bagus untuk terhubung dengan orang-orang di luar "kantor" yang ada saat ini.

5. Jaga Kesehatan

Lesu dan penambahan berat badan bisa terjadi saat bekerja dari rumah. Sebab mungkin seseorang menjadi kurang gerak.

Sebab itu, sesekali lakukan latihan di rumah menjadi pilihan yang baik. Pertimbangkan untuk menggelar tikar yoga atau melakukan olah raga dengan melihat rekaman dari video. Jangan lupakan untuk memakan makanan yang sehat demi menjaga kebugaran tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.