Sukses

Begini Persiapan Wisma Atlet Kemayoran jadi Tempat Isolasi Pasien Corona

Pemerintah akan mengubah fungsi Wisma Atlet Asian Games di Kemayoran, Jakarta sebagai tempat isolasi pasien positif covid-19 atau virus corona.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan mengubah fungsi Wisma Atlet Asian Games di Kemayoran, Jakarta sebagai tempat isolasi pasien positif covid-19 atau virus corona.

Terkait hal tersebut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan tengah membersihkan Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta Utara, Kamis (19/3/2020).

 

Wisma Atlet Kemayoran dipersiapkan untuk jadi tempat isolasi pasien virus corona. (Dok Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR)

 

Menteri Keuangan Sri Mulyani dalan video-konferensi pada Rabu (18/3/2020) kemarin mengatakan rencana tersebut akan dikoordinasikan bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

 

Wisma Atlet Kemayoran jadi tempat isolasi pasien virus corona. (Dok Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wisma Atlet jadi Lokasi Paling Siap

Sri Mulyani menjelaskan pasien-pasien tersebut harus diisolasi agar tak menularkan orang lain. Adapun Wisma Atlet menjadi lokasi yang paling siap mengingat sejak gelaran Asian Games hingga kini belum dipergunakan.

Kendati demikian, Sri Mulyani menegaskan bahwa pasien yang ditempatkan di Wisma Atlet ini adalah yang tidak menunjukkan gejala sakit. Hal ini ditunjang juga dengan dukungan tenaga medis dan tenaga kesehatan

 

Wisma Atlet Kemayoran tengah dibersihkan untuk jadi tempat isolasi pasien virus corona. (Dok Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR)

"Wisma Atltet yang kemarin digunakan untuk Asian games di Kemayoran masih belum digunakan sehingga menjadi tempat yang paling siap dari sisi fasilitas, listrik, air, tempat tidur ada di sana," ujarnya.

Selain itu, BPNB dan Kemenkes, juga akan menyiapkan pengadaan untuk bahan Rapid Test dan akan didistribusikan ke rumah sakit daerah yang banyak terkena dampak virus corona.  

 

Wisma Atlet Kemayoran dipersiapkan untuk jadi tempat isolasi pasien virus corona. (Dok Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.