Jokowi Minta Stok Pangan Aman di Tengah Wabah Virus Corona

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 19 Mar 2020, 12:39 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 12:39 WIB
Jokowi Pimpin Ratas
Perbesar
Presiden Joko Widodo (keempat kiri) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (ketiga kanan) memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta Kamis (9/1/2020). Rapat kabinet terbatas tersebut membahas tentang penanganan kasus kekerasan terhadap anak. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kepada sejumlah menteri untuk memastikan stok pangan ditengah wabah virus corona. Hal ini disampaikan saat menggelar rapat terbatas dengan sejumlah menteri.

Sebelumnya, Jokowi telah melakukan pengecekan sendiri ke gudang Perum Bulog yang ada di Klapa Gading. Hasilnya, Jokowi meyakini stok beras yang tersedia saat ini aman.

"Saya minta dipastikan ketersediaan dan stabilitas harga barang-barang kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat," kat Jokowi, Kamis (19/3/2020).

Kemudian pada Maret dan April, dikatakan Jokowi, banyak daerah juga mulai panen raya. Dengan begitu, Jokowi berharap penyerapan oleh Bulog bisa diatur agar stok aman dan kebutuhan masyarakat tetap tercukupi.

"Saya juga minta Menko Perekonomian dan kementerian terkait segera menjalankan kebijakan insnetif ekonomi, utamanya bagi pelaku usaha, lebih khusus lagi pelaku UMKM yang terkena dampak ekonomi penyebaran Covid-19," tambah Jokowi.

Walaupun ada kebijakan pengurangan interaksi, Jokowi juga meminta pelaku usaha, pelaku UMKM, bisa memaksimalkan penggunaan pelayanan secara online.

2 dari 3 halaman

Cek Kondisi Pangan, Jokowi Mendadak Tinjau Gudang Bulog

Presiden Jokowi meninjau Gudang Bulog di Kelapa Gading Jakarta Utara, Rabu (18/3/2020). (Biro Pers Kepresidenan)
Perbesar
Presiden Jokowi meninjau Gudang Bulog di Kelapa Gading Jakarta Utara, Rabu (18/3/2020). (Biro Pers Kepresidenan)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)  secara mendadak meninjau Gudang Bulog di Kelapa Gading, pada Rabu pagi, 18 Maret 2020. Peninjauan untuk memastikan ketersediaan bahan pangan utamanya beras.

Tiba sekitar pukul 09.00 WIB, Jokowi yang datang seorang diri dengan pengawalan Paspampres disambut Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso.

Jokowi kemudian berkeliling gudang beras tersebut dan meninjau kualitas dari stok beras yang siap didistribusikan oleh Bulog.

“Langsung keluarkan ini (beras) ya operasi pasar,” perintah Jokowi kepada Budi Waseso saat peninjauan.

Setelah kurang lebih 30 menit berada di lokasi, Presiden Jokowi kemudian meninggalkan Gudang Bulog untuk kemudian menuju ke Istana Merdeka, Jakarta.

Jokowi sebelumnya menyampaikan bahwa pemerintah telah dan terus melakukan langkah-langkah cepat untuk mengantisipasi dampak dari pandemic Covid-19. Salah satunya adalah ketersediaan bahan pangan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓