Sukses

Study From Home, BRI Berikan Solusi Pintar Melalui Aplikasi Junio Smart

Junio Smart merupakan platform aplikasi pendidikan untuk pengelolaan manajemen sekolah yang menghubungkan antara sekolah dengan orang tua dan siswa

Liputan6.com, Jakarta Di tengah kondisi penyebaran Covid 19 (corona virus disease 19) yang melanda Indonesia, dunia pendidikan pun terkena imbas dari bencana ini. Beberapa daerah telah mulai melakukan proteksi terhadap seluruh warga termasuk para siswa dengan menerapkan study from home. Dengan kebijakan ini, maka di dunia pendidikan membuat para siswa melakukan proses pembelajaran dari rumah.

Dengan kebijakan study from home ini, seluruh elemen ekosistem pendidikan harus beradaptasi dengan metode pembelajaran jarak jauh. Bagi sekolah-sekolah yang telah memiliki aplikasi pendidikan, tentunya proses adaptasi akan jauh lebih mudah dalam proses pembelajaran jarak jauh ini dengan memanfaatkan teknologi aplikasi.

Namun bagi sekolah-sekolah yang belum memiliki solusi aplikasi serupa, tentunya proses pembelajaran jarak jauh dengan study from home akan sedikit mengalami kendala. Kondisi seperti ini ternyata sudah di antisipasi oleh Bank BRI yang memiliki komitmen nyata terhadap dunia pendidikan melalui platform Junio Smart-nya. Junio Smart menjadi salah satu solusi penerapan pembelajaran jarak jauh pada kondisi seperti saat ini.

Corporate Secretary BRI Amam Sukriyanto menjelaskan, Junio Smart merupakan platform aplikasi pendidikan untuk pengelolaan manajemen sekolah yang menghubungkan antara sekolah dengan orang tua dan siswa secara terintegrasi dalam satu aplikasi sehingga seluruh aktivitas dan informasi sekolah dapat dilakukan melalui platform ini dan dapat diakses oleh sekolah, orangtua dan siswa secara realtime.

“Dalam platform Junio Smart telah mengakomodir fitur yang memenuhi kebutuhan sekolah, orangtua maupun siswa dalam penyelenggaraan pendidikan. Fitur-fitur tersebut terdiri dari fitur akademik seperti absensi, silabus, jadwal pelajaran dan ujian, fitur ujian online, tugas, nilai ujian dan database siswa beserta elemen sekolah. Terdapat pula fitur yang sifatnya non-akademik seperti informasi tagihan sekolah, report pembayaran tagihan sekolah secara realtime online dan pengumuman-pengumuman sekolah yang dapat juga menggunakan platform tersebut,” imbuhnya.

Pada kondisi study from home ini, melalui fitur silabus di platform Junio Smart maka sekolah dapat mengupdate materi pembelajaran yang kemudian dipelajari oleh siswa di rumah. Untuk mengevaluasi hasil belajar siswa di rumah, maka sekolah dan siswa dengan didampingi oleh orangtua dapat memanfaatkan pula fitur ujian online di platform Junio Smart yang hasil ujiannya langsung secara realtime dapat dilihat dan tersimpan di aplikasi. Sehingga study from home tetap akan membuat siswa produktif untuk mendapatkan pembelajaran dari sekolah.

Sebagai informasi, untuk dapat menggunakan platform pendidikan milik Bank BRI ini cukup mudah karena platform Junio Smart ini diberikan secara gratis oleh Bank BRI sebagai fasilitas kepada sekolah yang bekerjasama dalam penggunaan Giro dan Tabungan BRI Junio di Bank BRI. Saat ini sudah terdapat 290 sekolah pengguna platform Junio Smart dengan jumlah user aktif siswa lebih dari 30 ribu dan user aktif orangtua lebih dari 25 ribu user.

“Dengan Junio Smart melalui fitur silabus dan tugas online contohnya, memudahkan seluruh sekolah pengguna platform Junio Smart dalam metode pembelajaran jarak jauh ini. Sekolah pengguna platform Junio Smart, merasa terbantu dengan adanya fitur-fitur yang secara nyata sangat adaptif di kondisi seperti saat ini. Bagi sekolah atau lembaga yang belum menggunakan platform Junio Smart, silahkan menghubungi Cabang BRI terdekat,” tutup Amam.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.