Sukses

Pemerintah Libatkan Intelejen Sebelum Keluarkan Kebijakan Terkait Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta - Wabah virus corona tengah merebak di Indonesia. Tercatat hingga 18 Maret 2020, ada 227 pasien positif covid-19. Ada 19 orang dinyatakan meninggal karena kasus ini. Meski begitu sudah ada 11 orang telah dinyatakan sembuh.

Dalam kondisi seperti saat ini Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat untuk menjaga kekompakan dan ikut bergotong royong membangun solidaritas. Dia meminta untuk tidak memperkeruh suasana dengan berkomentar yang bernada negatif.

Ragam komentar sumbang dinilai lantaran hanya melihat dari salah satu sudut pandang. Padahal pemerintah telah mempertimbangkan berbagai aspek dan sudut pandang.

Dia meyakinkan dalam hal ini pemerintah juga melibatkan para intelejen negara untuk memberikan masukan sebelum Presiden Joko Widodo mengambil keputusan.

"Intelijen kami dalam segala macam hal ini cukup baik," kata Luhut dalam konferensi pers pada live Instagram lewat akun @kemenkomarvest , Jakarta, Rabu (18/3).

Luhut menuturkan pemerintah mendengarkan berbagai masukan dari pasar keuangan dan para pakar yang ahli di bidangnya. Sehingga kebijakan yang dikeluarkan pemerintah adalah pilihan terbaik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebijakan Belum Sempurna

Politikus Partai Golkar ini mengaku memang keputusan yang dibuat belum sempurna. Sebab di sektor perekonomian bergerak dinamis.

"Ekonomi itu berubah berkembang dan situasi terus berkembang begitu cepat sama seperti coronavirus ini," ungkap Luhut.

Dalam kondisi seperti ini, penting bagi masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga solidaritas dan mengikuti imbauan dari pemerintah. Jika hal ini bisa dilakukan, Luhut meyakinkan Indonesia juga melewati masa-masa sulit, sebagaimana yang telah dilakukan China, Korea Selatan, dan Singapura.

"Kalau Indonesia sebagai bangsa besar melakukan itu semua, saya yakin kita akan pasti menang melawan tantangan ini," pesan Luhut untuk masyarakat Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.