Sukses

Ada Pembatasan, Otoritas Sebut Kondisi Bandara Soetta Masih Normal

Pembatasan masuknya penumpang di Bandara Soetta antara lain untuk warga asal daratan Cina, Italia, Iran dan Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Otoritas Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) Cengkareng, Tangerang, Banten menilai penerbangan Internasional di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang masih berlangsung normal.

Kondisi tersebut bila mengacu adanya pembatasan kedatangan penumpang dari beberapa negara dan aturan social distancing. 

"Operasional penerbangan internasional di Bandara Soekarno Hatta, masih berlangsung normal. Hanya saja ada beberapa pembatasan yang memang sudah diatur pemerintah," ujar Senior Manager Branch Communication and Legal PT Angkasa Pura II, Bandara Internasional Soekarno Hatta, Febri Toga Simatupang, saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (18/3/2020).

Pembatasan masuknya penumpang antara lain untuk warga asal daratan Cina, Italia, Iran dan Korea Selatan. Kemudian penerbangan dari dan ke negara yang memberlakukan kebijakan lockdown.

Demikian pula untuk penerbangan ke Malaysia hingga hari ini masih normal. Negara Jiran menjadi salah satu yang akhirnya memutuskan untuk memberlakukan lockdown. 

"Terakhir tadi pagi masih ada penerbangan dari dan ke Malaysia," ujar Febri. (Pramita Tristiawati)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kabar Penutupan Penerbangan Internasional Bandara Soetta Hoaks

Otoritas Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) Cengkareng, Tangerang, Banten membantah kabar bahwa ada penutupan penerbangan internasional. Sampai saat ini bandara tersebut masih melayani penerbangan internasional.

"Aktivitas di Bandara soetta normal," jelas Agus Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta Haryadi kepada Liputan6.com pada Rabu (18/3/2020).

"Kalaupun internasional flight kurang iya, karena ada dampak Covid-19," kata dia.

Saat ini memang ada kebijakan Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Soetta untuk membatasi penumpang dari empat negara. Negara yang dimaksud adalah penumpang pesawat asal China, Iran, Italia dan Korea Selatan.

Pemerintah pun juga membatasi pendatang/travelers yang dalam waktu 14 hari terakhir berkunjung ke negara-negara tidak diizinkan masuk/transit ke Indonesia. Negara tersebut adalah Iran, Italia, Vatikan, Spanyol, Prancis, Jerman, Swiss dan Inggris.

Sebelumnya beredar rekaman yang berisi mulai Rabu ini Bandara Soetta untuk sementara menutup penerbangan dari dan ke luar negeri. Saat ini bandara tersebut hanya melayani penerbangan domestik.

Dalam rekaman tersebut, penutupan penerbangan tersebut berlaku selama 30 hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini