Sukses

Tembus Rp 1,7 Triliun di Februari, Penyaluran Dana Desa Melonjak 180 Persen

Penyaluran langsung ditransfer ke rekening desa.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi penyaluran dana desa hingga Februari 2020 mencapai Rp 1,7 triliun. Angka ini meningkat tajam jika dibandingkan pada periode sama tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp 6 miliar.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, kenaikan ini tidak lepas dari skema penyaluran dana desa yang diberikan oleh pemerintah pada tahun ini. Di mana, penyaluran langsung ditransfer ke rekening desa.

"Penyaluran dana desa tahun 2020 sebesar Rp 1,7 triliun atau naik 180 persen dibandingkan tahun lalu hanya Rp 600 miliar," kata dia di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Sri Mulyani mengatakan, jika sebelumnya dana desa diberikan secara berjenjang maka pada tahun ini diberikan langsung ke rekening desa. Sehingga pemanfaatannya bisa betul dirasakan oleh desa setempat.

"Kita langsung lakukan penyaluran dan untuk menghindarkan dana desa mengendap di rekening daerah," kata dia.

"Artinya kebijakan kita melakukan transfer langsung ke rekening desa menunjukkan hasil cukup positif dari sisi percepatan penyalurannya," tambah dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dana Transfer

Sementara itu, Bendahara Negara ini juga menambahkan, dana transfer ke daerah pada Februari 2020 telah mencapai Rp 116 triliun. Kondisi ini justru menurun dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebesar Rp 121,1 triliun.

"Transfer ke daerah tadi masih alami negatif pertumbuhan kalau kita liat dari sisi transfer realisasi TKDD tumbuh 6,7 persen terkontraksi dibandingkan tahun lalu. Ini karena ada penyesuaian tahun lalu ada alokasi dana bagi hasil dengan mempertinbangkan rata rata relaisasi 5 tahun terakhir. Kemudian kedua juga karena DAU berbasis kinerja," jelas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini