Kabar Penutupan Penerbangan Internasional Bandara Soetta Hoaks

Oleh Arthur Gideon pada 18 Mar 2020, 17:10 WIB
Diperbarui 18 Mar 2020, 17:10 WIB
Februari 2020, 735 Pesawat Batal Terbang dari Bandara Soetta
Perbesar
Aktivitas keberangkatan di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (11/3/2020). Dirut PT Angkasa Pura II M Awaluddin mengatakan, penyebaran virus corona (COVID-19) pada Februari 2020 mengakibatkan 735 penerbangan tujuan internasional dibatalkan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) Cengkareng, Tangerang, Banten membantah kabar bahwa ada penutupan penerbangan internasional. Sampai saat ini bandara tersebut masih melayani penerbangan internasional.

"Aktivitas di Bandara soetta normal," jelas Agus Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta Haryadi kepada Liputan6.com pada Rabu (18/3/2020).

"Kalaupun internasional flight kurang iya, karena ada dampak Covid-19," kata dia.

Saat ini memang ada kebijakan Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Soetta untuk membatasi penumpang dari empat negara. Negara yang dimaksud adalah penumpang pesawat asal China, Iran, Italia dan Korea Selatan.

Pemerintah pun juga membatasi pendatang/travelers yang dalam waktu 14 hari terakhir berkunjung ke negara-negara tidak diizinkan masuk/transit ke Indonesia. Negara tersebut adalah Iran, Italia, Vatikan, Spanyol, Prancis, Jerman, Swiss dan Inggris.

Sebelumnya beredar rekaman yang berisi mulai Rabu ini Bandara Soetta untuk sementara menutup penerbangan dari dan ke luar negeri. Saat ini bandara tersebut hanya melayani penerbangan domestik.

Dalam rekaman tersebut, penutupan penerbangan tersebut berlaku selama 30 hari.