Cek Kondisi Pangan, Jokowi Mendadak Tinjau Gudang Bulog

Oleh Pipit Ika Ramadhani pada 18 Mar 2020, 15:15 WIB
Diperbarui 18 Mar 2020, 15:15 WIB
Jokowi tinjau Bulog.
Perbesar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Gudang Bulog di Kelapa Gading, pada Rabu pagi, 18 Maret 2020.Foto: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara mendadak meninjau Gudang Bulog di Kelapa Gading, pada Rabu pagi, 18 Maret 2020. Peninjauan untuk memastikan ketersediaan bahan pangan utamanya beras.

Tiba sekitar pukul 09.00 WIB, Jokowi yang datang seorang diri dengan pengawalan Paspampres disambut Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso.

Jokowi kemudian berkeliling gudang beras tersebut dan meninjau kualitas dari stok beras yang siap didistribusikan oleh Bulog.

“Langsung keluarkan ini (beras) ya operasi pasar,” perintah Jokowi kepada Budi Waseso saat peninjauan.

Setelah kurang lebih 30 menit berada di lokasi, Presiden Jokowi kemudian meninggalkan Gudang Bulog untuk kemudian menuju ke Istana Merdeka, Jakarta.

Jokowi sebelumnya menyampaikan bahwa pemerintah telah dan terus melakukan langkah-langkah cepat untuk mengantisipasi dampak dari pandemic Covid-19. Salah satunya adalah ketersediaan bahan pangan.

“Pemerintah memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok cukup memadai untuk kebutuhan masyarakat,” ucap dia, Minggu (15/3/2020)

Saksikan video di bawah ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Stok Aman hingga Lebaran, Waspadai Hoaks Soal Bahan Pokok

Jokowi di Gudang Bulog
Perbesar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Gudang Bulog di Kelapa Gading, pada Rabu pagi, 18 Maret 2020.Foto: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Kabareskrim Polri Irjen Listyo Sigit, menjamin ketersediaan bahan pangan seperti beras, minyak goreng, bawang putih, aman hingga hari raya lebaran 2020.

Hal itu ia sampaikan setelah melakukan pemantauan langsung untuk melihat kondisi bahan pokok di Food Station Tjipinang Jaya, Komplek Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Rabu (18/3/2020).

"Hasil peninjauan kesimpulannya Stok beras sangat cukup sampai lebaran nanti apalagi sebentar lagi akan panen raya, disamping stok ada, maupun ketersediaan stok bulog ditambah kita akan panen raya maka alhamdulillah beras kita akan sangat cukup," kata Listyo.

Tujuan pemantauan ini dikarenakan beberapa waktu yang lalu, sempat banyak informasi hoaks yang menyebutkan, bahwa stok bahan pangan habis yang menyebabkan banyak pasar tidak beroperasi.

"Hari ini kita sengaja turun langsung ke lapangan untuk mengecek ketersediaan beras, bawang dan gula ini untuk pastikan, karena beberapa hari ini banyak sekali beredar hoax yang menyampaikan ada beberapa pasar, terutama di wilayah DKI yang tutup," jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya memastikan bahwa pasar-pasar di wilayah DKI Jakarta beroperasi seperti biasa. Selain itu, ia juga menegaskan agar masyarakat tidak perlu takut dan khawatir maupun panik, ketika mendapat informasi pasar maupun supermarket tutup.

"Jadi kami sudah wawancara langsung dengan rekan-rekan pasar yang ada semuanya, pastikan hari ini maupun kedepan kegiatan pasar akan tetap jalan," ungkapnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya