Sukses

PLN Terapkan SOP Khusus di Tengah Wabah Virus Corona

PLN tetap memberikan pelayanan yang optimal kepada para pelanggan, termasuk objek vital dalam penanganan Corona.

Liputan6.com, Jakarta PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya) menerapkan Standard Operational Procedure (SOP) khusus  dalam kesiagaan pendistribusian energi listrik ke seluruh masyarakat Jakarta dan sekitarnya di tengah wabah Virus Corona.

Ikhsan Asaad, General manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, mengungkapkan, PLN tetap memberikan pelayanan yang optimal kepada para pelanggan, termasuk objek vital dalam penanganan Corona.

Beberapa objek vital yang dipantau dan dijaga keandalan dalam menghadapi wabah Corona antara lain Rumah Sakit Rujukan, Bandara, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Kantor Media, dan Server Provider Telekomunikasi.

“Pelanggan rumah tangga juga tak luput dari pantauan keandalan kami karena banyak pelajar yang belajar di rumah dan karyawan Work From Home (WFH) sesuai arahan Presiden Republik Indonesia,” ungkap Ikhsan.

Standard Operational Procedure (SOP) khusus selama siaga menghadapi wabah Corona ini juga sudah dibuat agar pelayanan kepada pelanggan tetap bisa optimal mengacu pada SOP Kementrian Kesehatan, diantaranya:

1. Pengecekan suhu tubuh dua kali dalam sehari, saat pagi dan sore hari

2. Menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah melakukan pekerjaan di rumah pelanggan

3. Petugas dilapangan menggunakan masker dan tidak melakukan kontak fisik kepada pelanggan

4. Setiap petugas PLN menjaga kebersihan pribadi dan ruang kerja serta menerapkan pola hidup sehat

5. Melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh ruang kantor, ruang layanan, serta Gardu Induk 20 kilo Volt

 

Tonton Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Himbauan Social Distancing

Sesuai anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing, PLN menghimbau agar masyarakat menggunakan saluran Contact Center 123 dan PLN Mobile untuk bisa menghubungi PLN tanpa harus datang ke kantor PLN.

“Kami sudah punya banyak saluran Contact Center 123 yang bisa dimanfaatkan yaitu telepon (021) 123, email pln123@pln.co.id, website www.pln.co.id, Facebook PLN 123, twitter @pln_123 dan Instagram @pln123_official, Selain itu PLN juga bisa dihubungi melalu PLN Mobile,” tambah Ikhsan.

Seperti arahan Direktur Utama PLN kepada seluruh insan PLN bahwa kualitas layanan tidak akan berubah dan terus ditingkatkan agar masyarakat tetap nyaman meskipun sedang dalam kondisi krisis.

Penyampaian informasi yang jelas mengenai Corona pastinya membutuhkan supply listrik yang kontinyu agar masyarakat benar-benar paham bagaimana mengantisipasi penyebaran virus ini.

"Petugas PLN tetap siaga 24 jam untuk menjaga keandalan pasokan listrik di Jakarta dan sekitarnya, untuk seluruh pelanggan dan tentunya tempat yang butuh pantauan khusus," tegas Ikhsan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.