Sukses

Dana Kelolaan Bareksa Terus Tumbuh di Tengah Penurunan Kinerja Pasar Modal

Menurut data, total AUM Bareksa per 15 Maret 2020 sudah tembus melebihi Rp 2 triliun

Liputan6.com, Jakarta Fenomena menarik terjadi di dunia e-investasi Indonesia.Di tengah ambruknya pasar saham dan finansial global, total dana kelolaan atau Asset Under Management (AUM) marketplace financial Bareksa justru masih terus bertumbuh.

Menurut data, total AUM Bareksa per 15 Maret 2020 sudah tembus melebihi Rp 2 triliun, melesat 20 persen dibanding akhir 2019. Sedangkan dibandingkan dengan angka bulan lalu, di saat pandemi virus Corona menghancurkan bursa saham di berbagai belahan dunia, AUM Bareksa masih melonjak 12 persen. Padahal, IHSG dalam periode yang sama ambrol 17 persen.

Peningkatan AUM ini didorong nilai pembelian reksa dana selama satu bulan terakhir -termasuk Sukuk Ritesl (SR 012) yang diterbitkan Pemerintah RI- juga menguat 48 persen, dibandingkan periode sama bulan sebelumnya. Selain itu, jumlah nasabah Bareksa pun terus bertumbuh, sudah mencapai 800 ribu atau sekitar 42 persen dari jumlah investor reksa dana di Indonesia.

"Jika tren ini berlanjut, ini merupakan fenomena penting yang menunjukkan potensi fintech di area e-investasi bukan hanya untuk melakukan pendalaman tapi juga stabilisasi market di masa-masa mendatang. Bersama-sama pemain lainnya, Bareksa siap ikut membantu pemerintah dan OJK dalam meredam dampak pandemi COVID-19 di pasar keuangan kita," kata Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, dalam keterangan tertulis, Senin (16/3/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Work From Home

Menindaklanjuti arahan dan himbauan Presiden Jokowi pada hari Minggu kemarin untuk "kerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah"; Karaniya menjelaskan Bareksa telah menetapkan sejumlah kebijakan untuk ikut mendukung upaya meredam penyebaran COVID-19 sembari tetap menjamin layanan bagi nasabah.

Pertama, Bareksa menerapkan kebijakan kerja dari rumah (work from home) untuk semua divisi pada periode 17-31 Maret 2020. "Untuk periode selanjutnya akan diputuskan melihat perkembangan situasi," Karaniya menambahkan.

Kedua, memastikan semua layanan nasabah akan tetap berjalan seperti biasa. Nasabah masih bisa bertransaksi melalui website (mobile dan desktop) serta aplikasi Bareksa. Pertanyaan bisa disampaikan melalui e-mailcs@bareksa.com, nomor telepon call center 5011-7000, serta media sosial resmi Bareksa.

“Menjaga kesehatan adalah investasi yang penting untuk masa depan. Dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi di Bareksa tetap menjadi yang utama. Karena itu, Bareksa memastikan layanan nasabah akan berjalan normal sementara karyawan bekerja dari rumah.”

Ketiga, Bareksa siap membantu pemerintah dan OJK dalam meringankan tekanan di pasar modal dan keuangan nasional. Antara lain, dengan terus mendukung penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online--di mana saat ini masih dalam masa penawaran Sukuk Ritel (SR012). Selain itu, juga terus mengedukasi dan mendorong penjualan reksa dana pasar uang, yang bisa menjadi pilihan bagi investor dalam jangka pendek.

Keempat, Bareksa segera meluncurkan BareksaEmas, yakni fitur jual-beli emas secara online dengan fasilitas titipan.

“BareksaEmas diharapkan bisa menjadi safe haven investment(aset aman) yang dapat menjadi alternatif sekaligus diversifikasi investasi bagi masyarakat Indonesia di tengah ketidakpastian saat ini,” kata Karaniya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini