Sukses

Pemprov DKI Tutup Tempat Wisata, Pelaku UMKM Bakal Rugi Besar

Pemprov DKI akan menutup sejumlah destinasi wisata selama dua pekan.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Eksekutif Institute For Development of Economics and Finance (Indef), Tauhid Ahmad, menilai bahwa kebijakan Pemerintah Provinsi (pemprov) DKI Jakarta menutup seluruh area wisata di Jakarta akan berdampak besar bagi pelaku UMKM. Sebab, pendapatan para UMKM akan berkurang pasca ditutupnya kawasan-kawasan tersebut.

"Bagi pelaku UMKM tentu saja mengalami kerugian. Jadj jangan tutup pintu karena mungkin saja banyak sekali orang yang dengan situasi seperti ini orang tidak bisa berpenghasilan," kata dia kepada merdeka.com, Senin (16/3/2020).

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mengambil langkah cepat dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Pemprov DKI akan menutup sejumlah destinasi wisata selama dua pekan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, car free day juga ditiadakan dalam dua pekan ke depan. "Semua destinasi wisata dan tempat hiburan milik Pemprov DKI Jakarta akan ditutup selama dua minggu ke depan. Transportasi umum tetap berjalan, HBKB atau CFD ditiadakan dua minggu ke depan. Itu artinya, Ancol tutup, Ragunan tutup, Monas tutup, museum yang dipegang oleh DKI tutup," ujar Anies di Balai Kota Jakarta, pada Jumat 13 Maret 2020.

Menurut dia, penutupan ini bertujuan untuk meminimalkan kegiatan warga di ruang terbuka yang penuh dengan orang untuk mencegah penyebaran virus Corona. Namun, dia mengatakan, pelayanan ke masyarakat tetap berjalan seperti biasa. Kelurahan, kecamatan, kantor wali kota, balai kota puskesmas berjalan seperti biasa.

"Lalu kita juga sudah menyiapkan protokol untuk acara-acara di perkantoran, di perumahan, kegiatan-kegiatan ibadah keagamaan, kami siapkan, akan kami siarkan kepada seluruh masyarakat," kata Anies soal pencegahan Virus Corona.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar yang Ditutup

Adapun Daftar Wisata yang Ditutup Sementara:

1. Kawasan Monas

2. Ancol

3. Kawasan Kota Tua

4. TM Ragunan

5. Anjungan DKI di TMII

6. Taman Ismail Marzuki

7. PBB Setu Babakan

8. Rumah Si Pitung

9. Pulau Onrust

10. Museum Sejarah Jakarta

11. Museum Prasasti

12. Museum MH. Thamrin

13. Museum Seni Rupa dan Keramik

14. Museum Tekstil

15. Museum Wayang

16. Museum Bahari

17. Museum Joang 45

Selama proses penutupan sementara, Pemprov DKI akan dilakukan pembersihan area wisata dengan menggunakan disinfektan.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.