Sukses

Catat, Tanggal Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub agar tak Ketinggalan

Mudik gratis ini menggunakan 2 moda transportasi yakni bus dan kapal.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kembali menggelar mudik gratis Lebaran 2020, ke 37 kota di seluruh Indonesia. Mudik gratis ini menggunakan 2 moda transportasi yakni bus dan kapal.

"Untuk bus kita laksanakan tanggal 23 Maret dibuka dan (untuk mudik) 2020 kita akan siapkan 1.300 bus (dengan) 59.263 penumpang. Kemudian jumlah truk angkut motor 11 unit, kemudian sepeda motor yang diangkut sekitar 4.000," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jumat (13/3/2020).

Kota tujuan pada mudik gratis 2020 diperlebar dari wilayah Jabodetabek. Untuk Jawa Barat, kota tujuan mudik gratis yakni Cirebon, Tasikmalaya, dan Kuningan.

Kemudian Sumatera, Lampung, Palembang dan Padang. Selain itu, di Jawa Tengah dengan rute Tegal, Pemalang, Semarang, Demak, dan lainnya sekitar 23 kota tujuan.

Budi menuturkan, pada tahun ini ada tambahan mudik gratis bus dari Bali ke Yogyakarta. Kemudian dari Bali ke Surabaya.

Selain itu, tahun ini juga ada tambahan unit dari bus AKAP sebanyak 200 unit dan bus pariwisata sebanyak 1.117 unit dengan total penumpang sekitar 51.525 orang.

Pendaftaran mudik gratis dengan angkutan bus akan dibuka pada 23 Maret 2020 dan dapat dilakukan secara online melalui laman resmi mudikgratis.dephub.go.id.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buruan Daftar, Kuota Mudik Gratis BUMN Tinggal 3.061 kursi

Dirut PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo Slamet mengatakan bahwa sampai Selasa ini jumlah masyarakat yang ikut mudik gratis BUMN mencapai 271.939 jiwa. Untuk itu ia menghimbau kepada calon pemudik lainnya untuk segera melakukan pendaftaran program mudik gratis bersama BUMN.

Untuk diketahui, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyediakan 275.000 kursi mudik gratis. Dengan begitu kuota yang tersisa tinggal 3.061 kursi saja.

"Data keseluruhan yang masuk sudah 271.939 pemudik, sehingga tersisa tiga ribuan kursi lagi untuk mudik gratis. Nantinya siapa cepat dia dapat," tegas Budi di Komplek Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Untuk jumlah calon pemudik sendiri yang direncanakan menggunakan perjalanan darat, seperti moda transportasi bus telah tercatat 197.961 calon pemudik. Sementara calon pemudik yang menggunakan angkutan kereta api sudah tercatat 17.577 jiwa.

Sedangkan calon pemudik yang akan menggunakan jalur laut, seperti kapal pelayaran sudah tercatat 58.845 calon pemudik. Sementara pemudik yang akan menggunakan jalur udara, seperti pesawat terbang telah tercatat 1.556 calon pemudik.

Dalam kesempatan itu, pihaknya membeberkan bahwa Jasa Raharja di musim mudik 2020 telah membatasi penggunaan moda transportasi pesawat terbang, karena harga tiketnya yang mahal di nilai memberatkan biaya operasional perusahaan.

"Untuk itu kita lebih baik alihkan, ke moda transportasi lainnya. Sehingga kan lebih banyak calon pemudik yang akan kita angkut," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini