Sukses

Biar Tak Menyesal, Jangan Lakukan ini Saat Beli Ruko Buat Usaha

Sebelum membeli ruko, harus memerhatikan hal-hal berikut

Liputan6.com, Jakarta Punya ruko sendiri buat berbisnis memang jadi keinginan hampir setiap orang yang mau memulai usaha. Padahal, dalam mengelola sebuah usaha di era digital seperti sekarang ini, punya ruko untuk usaha bukanlah hal utama.

Banyak orang kemudian salah menentukan konsep usaha, hingga gagal dan mengalami kerugian besar setelah mendapatkan ruko. Biaya untuk mendapatkan ruko pastinya sangat besar.

Biaya tersebut akan menguras modal usaha yang akan dijalankan. Harus ada pertimbangan yang matang dalam mengelola sebuah ruko untuk berbisnis.

Jadi, sebelum memutuskan membeli ruko buat usaha, perhatikan hal-hal berikut dan jangan lakukan kesalahan ini biar tak menyesal nantinya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Belum Punya Konsep Usaha Tapi Sudah Beli Ruko

Membeli rumah toko atau ruko mempunyai harga yang tak murah. Sebaiknya, jika Anda masih memiliki usaha yang terbilang kecil, akan lebih baik untuk menyewa ruko terlebih dahulu.

Sewa ruko bisa menjadi alternatif yang sangat tepat untuk mencoba pasar. Apakah produk yang Anda jual benar-benar diterima pasar atau tidak. 

Sewa ruko juga tidak terlalu membutuhkan biaya yang terlalu besar. Namun, di era digital sekarang ini, ada jalan lain untuk bisa menjual barang tanpa harus mempunyai tempat usaha.

Ada banyak marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk hal itu. Kenapa tidak punya store di website? Sehingga bisnis Anda akan lebih efektif dalam hal permodalan dan juga penjualan.

2.  Tidak Memerhatikan Lokasi atau Letak Ruko

Tempat yang strategis terkadang tidak terlalu dipikirkan daripada harga ruko. Biasanya kecenderungan orang lebih memilih harga ruko yang lebih murah, namun tempatnya sepi.

Itulah kesalahan yang sering dilakukan oleh para perintis usaha. Seharusnya, tempat strategis menjadi pilihan utama dalam merancang sebuah rintisan usaha. 

Dengan tempat yang strategis akan diuntungkan dengan banyaknya orang yang mudah menemukan bisnis Anda. Ruko yang kurang strategis akan membuat bisnis Anda lambat dalam berkembang.

Selain itu, nilai investasinya juga tidak bisa setinggi tempat-tempat yang strategis. Oleh karena itu, tempat menjadi kunci dari sebuah ruko yang akan dijadikan tempat usaha.

3.      Tak Memperhatikan Akses Transportasi di Sekitar Ruko

Akses transportasi juga harus dipertimbangkan. Peranan dari akses ini akan membuat jalur distribusi Anda lebih mudah, banyak orang yang akan ke tempat Anda, dan juga akan membuat semua biaya produksi lebih efektif.

Tempat yang strategis juga tidak tentu mempunyai akses jalan yang baik. Padahal jalur distribusi bisa jadi akan menghabiskan banyak waktu dan biaya. Jalur transportasi yang kurang baik, akan menghambat berkembangnya usaha Anda.

4.      Tidak Tahu Kalau Status Ruko Bermasalah

Anda harus benar-benar berhati-hati dalam memilih ruko. Karena sangat banyak sekali sengketa yang terjadi pada pembuatan ruko. 

Oleh karena itu ketika membeli ruko, Anda harus memastikan perizinan yang jelas pada status ruko tersebut. Selain itu, transaksi yang dilakukan harus sesuai dengan peraturan yang berlaku secara hukum. 

Dengan transparansi yang jelas, dan legalitas yang jelas akan menguatkan posisi Anda dalam kepemilikan ruko tersebut. Jadi, cari tahu status ruko tersebut bila memang ingin membelinya.

5.      Fasilitas Ruko Tidak Lengkap dan Banyak yang Rusak 

Kondisi ruko juga harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai Anda memilih ruko dengan ruangan yang berantakan. Apalagi tidak ada kelengkapan kamar mandi, banyak atap yang bocor, dan juga jaringan listrik yang bermasalah.

Biaya dalam perbaikan ruko bisa sangat besar. Dengan memilih ruko yang dalam kondisi baik, akan mengurangi biaya modal Anda dalam memulai usaha. Sehingga Anda bisa lebih cepat memulai usaha, dan konsumen akan merasa nyaman ketika berada di ruko Anda.

6.      Tak Memerhatikan Struktur Gedung yang Tidak Sesuai

Struktur gedung pada ruko harus sesuai dengan konsep yang akan Anda terapkan pada usaha Anda. Jika tidak maka akan ada biaya tambahan yang jumlahnya tidak sedikit untuk menyesuaikan dengan usaha Anda.

Struktur gedung yang tidak sesuai ini seperti ketika Anda ingin mempunyai usaha restoran, ternyata ruko tersebut mempunyai terlalu banyak ruangan. Dekat dengan got yang berbau, dan lain sebagainya.

Indikasi dari struktur yang salah juga akan berakibat pada tidak dimanfaatkannya beberapa ruangan yang tersedia. Padahal seharusnya semua tempat pada ruko bisa menjadi area yang produktif.

7.      Cuek dengan Lingkungan Sekitar Ruko Padahal Tidak Mendukung

Ketika memilih ruko Anda juga harus mempertimbangkan kondisi sekitar ruko tersebut. Jangan sampai Anda membeli ruko di tempat yang tidak sesuai dengan konsep usaha Anda.

Seperti ketika Anda ingin membuka restoran di sekitar tempat industri. Pastinya akan banyak gangguan yang akan Anda dapatkan. Seperti polusi udara, padatnya jalur transportasi, dan juga kondisi yang bising.

Pertimbangan soal lingkungan sekitar ruko harus sesuai dengan konsep usaha yang akan Anda jalankan. Dengan dukungan dari lingkungan sekitar, maka usaha Anda akan jauh lebih cepat berkembang.

Hindari Kesalahan Memilih Ruko Demi Usaha yang Sukses

Kesalahan-kesalahan seperti itu jangan sampai Anda lakukan. Karena akan berakibat pada lambatnya usaha yang akan Anda lakukan. Selain itu, risiko kerugian juga sangat besar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.