Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Ibu Kota Baru Bakal Punya Sarana Olahraga

Oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana pada 12 Mar 2020, 20:37 WIB
Diperbarui 12 Mar 2020, 20:37 WIB
Cincin Olimpiade Raksasa Mejeng di Tokyo

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan bahwa ibu kota baru negara di Kalimantan Timur (Kaltim) sudah siap untuk jadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Guna menunjang event olahraga terbesar di dunia tersebut, Kementerian PUPR disebutnya akan membangun berbagai sarana dan prasarana di Kawasan Ibu Kota Negara (KIBN).

"Sangat mungkin bahwa dijadikan tempat diselenggarakannya olimpiade. Bahwa di zona-zona itu, zona kuning, sangat dimungkinkan dilakukan pembangunan cluster olahraga, sport center dan lainnya," kata Danis di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Danis menyebutkan, pembangunan berbagai fasilitas olahraga untuk Olimpiade dapat selesai dalam waktu sekitar 5 tahun. Tapi dengan beberapa pengecualian.

"Biasanya pembangunan seperti itu bisa sampai 5 tahun, asal konsepnya jelas, dan ada dananya," ujar dia sembari tersenyum.

Untuk meraih pendanaan, Kementerian PUPR siap berkoordinasi dengan pihak swasta lewat skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

"Kalau memang itu sudah menjadi perintah untuk resmi diinikan, kami akan kaji khusus. Mungkin kerjasama dengan pihak swasta, bukan dengan biaya pemerintah," pungkas dia.

2 dari 3 halaman

Menteri PUPR: Ibu Kota Baru Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

TV Ibu Kota Baru
TV Ibu Kota Baru

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan bahwa ibu kota baru negara di Kalimantan Timur (Kaltim) akan siap bila dipilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Dia pun memastikan, proyek ibu kota baru yang terletak di Kabupaten Penajem Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara ini akan rampung pada waktu tersebut.

"Saya kira kalau 2035 itu kan cita-cita. Kalau 2035 Insya Allah ibu kota barunya akan sudah ada," kata Menteri Basuki di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Dia pun menegaskan, ibu kota akan benar-benar siap jika memang ditunjuk sebagai host event olahraga terbesar sedunia tersebut.

"Saya kira iya. Sekarang aja udah capable," ujar dia.

Adapun cita-cita Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 sebelumnya pernah dilontarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta.

Jokowi ingin Indonesia bisa menjadi tuan rumah Olimpiade dalam waktu dekat. Keinginannya juga telah disampaikannya ke Presiden Olimpiade Internasional, Thomas Bac.

"Saya katakan kepada beliau bahwa Indonesia siap untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032," seru Jokowi. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓