Sukses

Tips Hemat Bagi Para Pegguna Kendaraan Pribadi

Tips agar tetap hemat menggunakan kendaraan pribadi

Liputan6.com, Jakarta - Mengendarai kendaraan adalah bagian penting kehidupan banyak orang. Terlebih di sebuah negara dengan persentase penduduk yang mengendarai tinggi setiap hari.

Namun, mengendarai kendaraan juga bisa sangat mahal, dan dapat memiliki dampak besar pada situasi keuangan. Ketika memperhitungkan semua biaya yang bervariasi, termasuk harga kendaraan, biaya bahan bakar, asuransi, pajak, dan sebagainya.

Walaupun dengan mengendarai kendaraan akan selalu memakan cukup banyak penghasilan, ada beberapa cara efektif untuk menghemat uang yang seharusnya membantu meningkatkan pendapatan sekali pakai setiap bulan, sambil tetap memungkinkan untuk mengendarai kendaraan. 

Lalu apa saja itu? Simak tips menghemat keuangan meski memiliki kendaraan pribadi seperti dikutip dari bulawayo24.com, Minggu (28/3/2020).

Kurangi Berkendara

Salah satu cara paling jelas untuk menghemat uang adalah dengan mengurangi jumlah mengendarai, karena bahan bakar bisa menjadi biaya yang sangat besar. Walaupun mungkin ada saat-saat mengendarai kendaraan adalah satu-satunya pilihan, seperti selama menjalankan sekolah dan atau ke tempat kerja, tetapi menggunakan transportasi umum atau bersepeda bisa menjadi pilihan untuk menghemat. 

Membeli Kendaraan Bekas 

Ketika tiba saatnya untuk mengganti kendaraan, pilihan terbaik secara finansial adalah membeli kendaraan bekas, karena jauh lebih terjangkau daripada membeli yang baru dan dapat menghemat uang lebih banyak. Mobil bekas dapat dicari melalui online ataupun langsung, yang terpenting adalah harga yang wajar dan sesuai dengan kebutuhan maupun anggaran. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Temukan Cara Untuk Minimalkan Premi Asuransi

Asuransi untuk kendaraan  adalah biaya besar lainnya, dan dapat sangat besar bagi pengendara tertentu. Penting untuk memiliki cakupan yang tepat, tetapi ada juga cara di mana  dapat menurunkan premi asuransi , seperti:

- Membandingkan penyedia

- Meningkatkan kelebihan pembayaran 

- Menjaga kendaraan tetap aman

- Mengurangi jarak tempuh tahunan 

Pastikan Memiliki Cakupan Yang Memadai

Selain asuransi,juga harus mengetahui kebijakan asuransi opsional. Meskipun ini akan menambah anggaran bulanan, tetapi akhirnya bisa menghemat banyak uang dalam jangka panjang, sementara juga memberi ketenangan pikiran. Mencakup perpanjangan garansi jika garansi pabrik telah kedaluwarsa. Oleh karena itu, memastikan bahwa biaya kesalahan listrik dan mekanik ditanggung asuransi yang akan mencakup kekurangan antara pembayaran asuransi dan jumlah yang semula dibayarkan pada saat kejadian dari penghapusan (perusahaan asuransi hanya akan membayar nilai pasar saat ini).

Lakukan Perawatan Sendiri

Kendaraan perlu dirawat dengan baik agar tetap berjalan lancar, tetapi bisa sangat mahal untuk mendapatkan perawatan dan perbaikan kecil yang dilakukan oleh seorang mekanik. Dalam banyak kasus, dengan alat yang tepat dan instruksi yang mudah diikuti secara online, melakukan perawatan penting dan perbaikan kecil sendiri. Ini bisa menghemat banyak uang, sekaligus membantu menjaga kondisi mobil tetap prima.

 

Reporter : Tiara Sekarini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini