Sukses

Indeks Saham Dunia Anjlok Dipicu Kekhawatiran Jatuhnya Ekonomi Akibat Corona

Indeks saham Dow Futures di Amerika Serikat turun lebih dari 1.000 poin akibat kekhawatiran jatuhnya perekonomian akibat wabah virus corona.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar saham dunia anjlok pada perdagangan hari ini. Indeks saham Dow Futures di Amerika Serikat turun lebih dari 1.000 poin akibat kekhawatiran jatuhnya perekonomian akibat wabah virus corona dan perang harga minyak.

Dikutip dari CNBC, indeks saham Dow Jones Industrial Average (DJIA) anjlok 1.076 poin, menunjuk ke kerugian lebih dari 1.100 poin pada pembukaan perdagangan Senin. S&P 500 berjangka dan Nasdaq-100 berjangka juga menunjukkan kerugian signifikan pada pembukaan perdagangan Senin.

 

Penurunan tajam di pasar berjangka memberi sinyal lebih banyak gejolak di depan setelah minggu roller-coaster yang melihat S&P 500 berayun naik atau turun lebih dari 2,5 persen selama empat hari berturut-turut.

Di tengah gejolak pasar, investor terus mencari aset yang lebih aman di tengah kekhawatiran tambahan bahwa virus corona akan mengganggu rantai pasokan global dan mendorong perekonomian ke dalam resesi.

Hasil pada catatan Treasury 10-tahun benchmark turun sebentar di bawah 0,5 persen, sebelum pulih sedikit ke perdagangan terakhir di 0,5533 persen.

Bursa saham di negara lain juga turun. Indeks saham Jepang Nikkei amblas 5,82 persen, indeks saham Hong Kong HangSeng turun 4,02 persen dan indeks saham Australia AORD anjlok 6,34 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Minyak Dunia Turun

Sementara itu, Arab Saudi pada Sabtu pekan lalu telah memangkas harga jual minyak mentah untuk periode April. Hal ini secara tiba-tiba berbalik dari upaya sebelumnya untuk mendukung pasar minyak karena virus corona akibat permintaan global.

Langkah ini dilakukan setelah pembicaraan OPEC gagal pada Jumat pekan, mendorong beberapa ahli strategi untuk melihat harga minyak menjadi USD 20 tahun ini.

"Minyak mentah telah menjadi masalah yang lebih besar bagi pasar daripada virus corona," kata Adam Crisafulli, Pendiri Vital Knowledge, pada hari Minggu.

"Hampir tidak mungkin bagi (S&P 500) untuk bangkit secara berkelanjutan jika Brent terus mengalami kawah," tambahnya.

Patokan internasional berjangka minyak mentah Brent anjlok 30 persen menjadi USD 32,05 per barel. Minyak mentah antara West Texas Intermediate AS turun 27 persen menjadi USD 30,00 per barel. Setelah penurunan awal, penurunan sedikit dikupas, dengan masing-masing kontrak perdagangan turun sekitar 21 persen.

Investor terus cemas tentang wabah virus corona yang menyebabkan rata-rata saham utama jatuh ke wilayah koreksi. Pada Minggu, kasus global infeksi telah meningkat menjadi lebih dari 109.000 dengan sedikitnya 3.801 kematian di seluruh dunia. Situasi ini juga memburuk di AS dengan New York, California dan Oregon semuanya menyatakan keadaan darurat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham