Sukses

12 Ribu Penerbangan Batal Akibat Corona, AP I Rugi hingga Rp 207 Miliar

Sekitar 12.703 penerbangan dibatalkan, dengan rincian 11.680 penerbangan domestik dan 1.023 penerbangan internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Angkasa Pura I (AP I) Faik Fahmi menyatakan, sejak Januari hingga Februari, perusahaan mengalami potensi kerugian hingga Rp 207 miliar. Hal ini imbas dihentikannya penerbangan karena wabah virus Corona.

Adapun, sekitar 12.703 penerbangan dibatalkan, dengan rincian 11.680 penerbangan domestik dan 1.023 penerbangan internasional.

"Melihat data statistik kami, Januari hingga Februari di 15 bandara kelolaan AP I ada 12.703 penerbangan yang cancel, sekitar 11.680 penerbangan domestik dan 1.023 penerbangan internasional," ujar Faik di Jakarta Pusat, Jumat (06/03/2020).

Faik menyatakan kemungkinan jumlah tersebut akan meningkat karena 3 maskapai penerbangan sudah menghentikan sementara perjalanan mereka akibat virus corona.

Tiga maskapai itu ialah Vietjet (Vietnam), Scoot (Singapura) dan Korean Air (Korea Selatan).

"Jadi kira-kira loss opportunity Rp 207 miliar, itu baru aero business ya belum non aero. Kita kan juga ada bisnis resto, ritel dan lainnya pasti akan berkurang," kata Faik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penanganan Virus Corona di Indonesia Jadi Perhatian Bank Dunia

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan tertutup dengan perwakilan Bank Dunia. Pertemuan tersebut membahas mengenai dampak penyebaran Virus Corona serta rencana penerapan Kartu Pra Kerja di Indonesia.

"Dengan Bank Dunia bahas Kartu Pra Kerja, bahas corona virus, bahas Cipta Kerja. Jadi banyak hal dibahas," ujar Airlangga di Kantornya, Jakarta, Jumat (6/3/2020).  

Airlangga melanjutkan, penanganan Virus Corona di Indonesia menjadi perhatian khusus Bank Dunia. Sebab, Indonesia secara resmi sudah masuk dalam daftar negara yang mengakui warna negaranya terpapar Covid-19.

"Jadi Indonesia tentu sebagai negara lain juga masalah Corona Virus ini yang menjadi perhatian utama dan harapannya kesiapan di health care sector," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.