Sukses

Dibangunkan Rusunawa, Wapres Berharap IIQ Pamulang Hasilkan SDM Berdaya Saing

Rusunawa IIQ dibangun untuk menggantikan asrama mahasiswi IIQ yang ludes terbakar beberapa waktu lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin meresmikan rumah susun sewa (Rusunawa) Institut Ilmu Al Quran (IIQ) di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, pada Kamis 5 Maret kemarin. Rusunawa setinggi tiga lantai yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan biaya pembangunan Rp 17,4 miliar tersebut memiliki kapasitas 64 unit hunian dan mampu menampung 256 mahasiswi penghafal Al Quran.

Ma'ruf Amin menyatakan bahwa pemerintah tetap fokus dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya generasi muda Indonesia. Untuk mewujudkan generasi muda Indonesia yang berdaya saing, pemerintah berupaya memberikan dukungan dalam bentuk fasilitas pendidikan seperti Rusunawa dan Balai Latihan Kerja (BLK).

Menurutnya, pendidikan agama di Indonesia masih sangat diperlukan guna memberantas buta aksara Al Quran. Untuk itu, dirinya berharap kepada mahasiswi IIQ untuk terus meningkatkan prestasi akademik dan non-akademis sehingga dapat meraih prestasi di tingkat nasional dan internasional.

"Saya yakin IIQ dapat menciptakan sumber daya manusia yang tidak hanya sehat cerdas tapi juga memiliki manfaat bagi masyarakat melalui pendidikan Al Qur'an. Saya harap para mahasiswi dan lulusan IIQ dapat menjadi tokoh-tokoh perempuan yang akan menjadi melakukan perbaikan dari segala segi yang dibutuhkan bangsa dan negara ke depan," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (6/3/2020).

Rusunawa IIQ dibangun untuk menggantikan asrama mahasiswi IIQ yang ludes terbakar beberapa waktu lalu. Untuk memberikan kenyamanan bagi para santriwati penghafal Al Quran, Kementerian PUPR melengkapi setiap unit hunian dengan meubelair seperti tempat tidur tingkat, lemari pakaian, meja dan kursi belajar, wastafel, serta kamar mandi. Kapasitas untuk setiap hunian adalah empat orang santriwati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Tambah lagi

Salah seorang penghuni Rusunawa IIQ Shofwah Fahazehru mengungkapkan, dirinya dan teman-temannya sangat senang bisa tinggal di hunian vertikal tersebut. Menurutnya, bangunan rusunawa tersebut sangat nyaman untuk ditempati karena telah dilengkapi dengan meubelair.

"Kalau di asrama yang lama kami menempati satu ruangan untuk 12 orang. Tapai kalau di sini kami hanya berempat saja dan sudah ada tempat tidur, meja belajar dan kamar mandi di dalam kamar. Jadi kami lebih mudah untuk fokus dalam memghafal Al Quran," terangnya.

Salah seorang penghuni rusunawa lainnya, Lulu Nurdzakiyah, berharap Kementerian PUPR bisa menambah satu unit lagi Rusunawa di kampus tersebut. Pasalnya, saat ini ada satu asrama lagi yang kondisinya sangat memprihatinkan lantaran usia bangunan yang sudah tua.

"Kualitas bangunan Rusunawa IIQ yang dibangun Kementerian PUPR ini sangat bagus. Saya harap Kementerian PUPR bisa menambah Rusunawa lagi untuk IIQ," pintanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.