Sukses

Pengusaha Optimis Impor Bawang Putih dari China Tetap Lancar

Pengusaha optimistis impor bawang putih dari China masih akan berjalan lancar terlepas dari wabah virus Corona yang sedang melanda negara tersebut..

Liputan6.com, Jakarta - Ketua II Perkumpulan Pelaku Usaha Bawang dan Sayuran Umbi Indonesia (Pusbarindo) Valentino optimistis impor bawang putih dari China masih akan berjalan lancar terlepas dari wabah virus corona yang sedang melanda negara tersebut.

Valentino menyatakan, aktivitas di China sudah membaik, meskipun belum maksimal. Memang akan ada keterlambatan dalam pengiriman, namun itu tidak akan melumpuhkan aktivitas impor.

"Kemarin karena isu Corona, betul pemerintah China ada himbauan supaya berdiam diri untuk mencegah penularan. Sekarang tapi sudah enggak. Ini sudah 80-90 persen lah," ujar Valentino di Jakarta Selatan, Kamis (05/03/2020).

Sebenarnya, ada beberapa opsi keran impor dari negara lain, seperti India. Namun pengusaha engga mengambil pasokan dari India karena perbedaan kualitas bawang putih.

"Bawang putih dari India ukurannya lebih kecil, lebih baik pakai bawang lokal. Lebih bagus," kata Valentino.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jajaki Impor dari Mesir

Namun, Pusbarindo sendiri sedang menjajaki kerjasama impor dengan Mesir, meskipun masih dalam tahap awal. Dirinya berharap jika kesepakatan tersebut terjadi, maka Indonesia bisa punya alternatif impor bawang putih dari keran yang lain.

"Selama ini kan China itu pensuplai terbesar, sebesar 70 persen, jadi kita harap bisa, ya," kata Valentino mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.