Sukses

Pemerintah Minta Bunga Kredit Perbankan Diturunkan

Penurunan bunga kredit ini diharapkan bisa mengantisipasi dampak ekonomi virus corona

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta perbankan segara menurunkan suku bunga kredit mengikuti keputusan Bank Indonesia (BI) yang telah menyesuaikan suku bunga acuan menjadi 4,75 persen. Permintaan tersebut juga untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona.

"Kami mendengarkan masukan dari para stakeholder, CEO perbankan dan juga menyampaikan terkait prioritas pemerintah dengan stimulus paket pertama. Dan kemudian kebijakan yang diambil BI dan OJK harapannya transmisi penurunan suku bunga BI bisa dirasakan oleh masyarakat," ujar Airlangga di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Airlangga mengatakan, sejumlah paket kebijakan juga telah dicanangkan pemerintah untuk membantu sektor industri tetap bertahan di tengah penyebaran Virus Corona. Agar kebijakan tersebut bisa dirasakan oleh masyarakat, dia meminta perbankan merespon cepat dan mudah menyalurkan pembiayaan.

"Bagaimana sekor riil bisa bergerak pemerintah akan melakukan paket kedua terkait dengan kemudahan impor dan ekspor sekaligus mendengar dari perbankan bagaimana situasi kredit dan juga terkait dana-dana yang masuk diperbankan," paparnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kredit Macet

Mantan Menteri Perindustrian tersebut menambahkan, saat ini kondisi kredit macet perbankan masih terpantau stabil. Namun pemerintah masih akan terus memantau hingga beberapa bulan ke depan.

"Kalau data yang ada dampak tidak immediate situasi masih terus dimonitor beberapa bulan ke depan," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.