Sukses

Pagi Buta, Terminal Kedatangan Bandara Soetta Disemprot Disinfektan

Penyemprotan disinfektan merupakan salah satu upaya perseroan dalam mencegah penyebaran virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta Pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II (AP II), menyemprotkan cairan disinfektan di Terminal 2 dan Terminal 3 Kedatangan Internasional, Kamis (5/3/2020) dini hari.

Sebanyak 7 orang petugas diterjunkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan pada tempat-tempat dan fasilitas yang sering disentuh oleh penumpang (pax) di Terminal 3 Kedatangan Internasional. Penyemprotan disinfektan ini dilakukan mulai Rabu malam hingga Kamis dini hari.

Chief Officer In Charge Bandara Soetta Edi Rohadi mengatakan, penyemprotan disinfektan ini merupakan salah satu upaya perseroan dalam mencegah penyebaran Virus.

"Jadi pada pagi hari ini dari malam tadi, kita melakukan penyemprotan disinfektan yang tujuan utamanya adalah melakukan pencegahan penyebaran virus," kata Edi di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (5/3/2020) dini hari.

Adapun sasaran utama yang menjadi target penyemprotan disinfektan tersebut antara lain handle eskalator, trolley, kursi, toilet dan fasilitas lain yang sering disentuh oleh para penumpang.

"Itu paling sering yang dipegang oleh penumpang. Handle eskalator, trolley. Di toilet itu paling sering yang dipegang oleh penumpang adalah pada bagian keran dan bagian lainnya," ujar Edi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terminal Kedatangan

Penyemprotan disinfektan kali ini difokuskan di Terminal Kedatangan Internasional baik di Terminal 3 maupun Terminal 2F.

Selain itu, Automatic People Mover System (APMS) atau lebih dikenal Skytrain (Ka Layang) juga tidak luput dari penyemprotan disinfektan, sebab kerap digunakan penumpang dari luar negeri untuk berpindah terminal.

"Kita pakai skala prioritas dulu. Artinya tempat-tempat yang paling sering dimungkinkan berkumpulnya atau banyaknya pax (penumpang) dari luar (negeri)," kata Edi.

 

3 dari 3 halaman

Libatkan Petugas Kesehatan

Penyemprotan disinfektan ini juga melibatkan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soetta. Lalu, penyemprotan akan dilakukan secara priodik.

Selain disinfektan, PT Angkasa Pura II juga telah menyediakan sejumlah tempat hand sanitizer di Terminal Kedatangan Internasional yang mudah terlihat dan dijangkau pengguna jasa bandara.

Cara menggunakan hand sanitizernya pun menggunakan sensor, jadi penumpang tak perlu memegang, cukup meletakannya di bawah tempat hand sanitizer, lalu sensor akan mengeluarkan cairan pembersih tanpa bilas tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.