Sukses

Menteri Teten Dorong Swasta Tingkatkan Kompetensi UMKM

Menteri Teten berharap akan semakin banyak pihak swasta ataupun investor yang tertarik bergabung dengan program peningkatan dan pemberdayaan UMKM nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) mengapresiasi aksi banyak pihak untuk mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) nasional naik kelas.

Seperti yang dilakukan PT Harapan Bangsa Kita (Hebat). Perusahaan melakukan pendampingan bagi pelaku UMKM di berbagai wilayah di Indonesia, untuk bagaimana meningkatkan omzet dan bisnis.

Selain itu, melakukan coaching clinic bagi pelaku UMKM sehingga permasalahan bisnis yang dihadapi pelaku usaha terpecahkan.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, mengatakan langkah mendorong UMKM naik kelas sejalan dan sevisi dengan program pemerintah.

Kemenkop sangat terbuka dan menberi apresiasi terhadap siapa saja yang mau bantu UMKM, seperti juga dilakukan oleh beberapa platform e-commerce tanpa ada ikatan kerjasama formal seperti pembiayaan dengan kementerian.

Teten menyatakan peran pemerintah dalam hal ini Kemenkop dan UKM, akan mengambil dalam hal kemudahan perizinan mendirikan usaha, penerbitan sertifikasi produk UMKM hingga pemberian sertifikat hak cipta. Dengan begitu produk-produk UMKM akan lebih berdaya saing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Digitalisasi UMKM

Manajemen Hebat menyampaikan kepada Kemenkop jika perusahaan telah membantu UMKM di sektor makanan dan minuman dalam pengembangan usahanya secara sukarela.

CMO PT Hebat, Ansari Kadir, menambahkan bahwa penjaringan UMKM potensial sebenarnya sudah mulai dilakukan sejak awal tahun ini. Namun demi memasifkan program tersebut pihaknya meminta dukungan Kemenkop dan UKM.

Ari, sapaan akrab Ansari Kadir, mengatakan pihaknya siap membantu program digitalisaai UMKM yang juga merupakan agenda pemerintah.

Menurutnya bisnis era saat ini digitalisasi UMKM mutlak diperlukan untuk menggenjot pemasaran. Dia berharap dengan mentoring, pendampingan hingga coaching clinic, nantinya UMKM nasional dapat tumbuh berkembang bersama.

"Jadi kita berikan gambaran ke UMKM bahwa ini loh bisnis kekinian, bisnis milenial, sebab sudah saatnya kita ubah arah bisnis kita dengan menggunakan teknologi karena dengan menggunakan teknologi akan seiring dan sejalan dengan visi kita untuk tumbuh bersama," jelas Ari.

Untuk mempermudah penjaringan UMKM yang siap diberikan pendanaan, PT Hebat meminta masukan dan saran dari pemerintah, termasuk dengan meminta data-data UMKM potensial di seluruh Indonesia.

Dia memastikan tim PT Hebat akan terjun langsung untuk memastikan ada output yang maksimal dan sinergi yang dilakukan dengan Kemenkop dan UKM.

"Di Hebat sendiri nanti akan ada partisipan yang akan terjun langsung, makanya kita ketemu Pak Teten biar kita dapat dukungan total dari pemerintah bahwa kegiatan PT Hebat bukan sekedar mengakselerasi brand UMKM saja," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini