Sukses

Lakukan Inovasi, PTPP Raih BUMN Performance Excellence Award 2020

Sebanyak 70 BUMN berhasil meraih Excellence Level, mulai dari level Good Performance, Emerging Indusry Leader hingga Industry Leader.

Liputan6.com, Jakarta PT PP (Persero) Tbk meraih BUMN Performance Excellence Award (BPEA) 2020. Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Strategi Korporasi & HCM M. Aprindy mewakili perseroan.

Penghargaan tersebut diberikan pihak penyelenggara dikarenakan Perseroan berhasil masuk dalam daftar 9 BUMN yang berhasil meraih level Industry Leader dalam Assessment KPKU 100 BUMN yang dilakukan oleh Tim Assessment Forum Ekselen BUMN pada tahun 2019 dimana Perseroan berhasil mendapatkan skor 677,5.

Skor ini melebihi dari skor yang ditargetkan oleh Perseroan sebesar 654. BPEA 2020 diselenggarakan oleh Forum Ekselen BUMN bekerjasama dengan Majalah Infobank.

“Melihat besarnya peran assessment KPKU bagi perusahaan, tentu Perseroan mengharapkan peran KPKU akan semakin besar bagi Perseroan dan perusahaan BUMN lainnya," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

 

Sebagai informasi, sejak 2012 assessment KPKU BUMN dilakukan oleh tim eksternal Forum Ekselen BUMN (FEB) di mana FEB sendiri terdiri dari tenaga-tenaga assessor dan tim ahli dari beberapa BUMN. Tahun ini merupakan awarding kedua yang diberikan untuk kinerja BUMN pada 2018.

Terdapat 100 BUMN yang mengikuti proses assessment tersebut, dimana 70 BUMN berhasil meraih Excellence Level, mulai dari level Good Performance, Emerging Indusry Leader hingga Industry Leader. Penghargaan ini diberikan kepada BUMN untuk memberikan apresiasi kepada BUMN-BUMN yang telah melakukan berbagai inovasi atau improvement.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerangka Kerja Bisnis

Untuk mengetahui positioning BUMN di antara BUMN lain berdasarkan kerangka kerja bisnis ekselen KPKU yang diadopsi dan diadptasi dari Baldrige Excellence Framework, sehingga bisa menjadi pijakan awal untuk melakukan improvement guna mewujudkan visi Presiden RI untuk menjadikan BUMN sebagai global corporation yang mampu berkompetisi di pasar internasional.

Sejak 2012, Perseroan telah mengikuti assessment KPKU yang diadakan oleh Forum ekselen BUMN, mulai dari predikat Good Performance selama 4 tahun, Emerging Industy Leader selama 2 tahun dan di tahun 2019 lalu Perseroan berhasil memasuki level Industry Leader.

Perjalanan Perseroan selama 8  tahun terakhir ini membawa perubahan budaya yang cukup signifikan, salah satunya kesadaran akan pentingnya pengembangan strategi dan evaluasi sistem yang mendukung tercapainya visi dan misi perusahaan.

Tidak hanya itu, KPKU juga mendorong Perseroan untuk terus melakukan inovasi atau improvement yang berdampak langsung terhadap kinerja perusahaan, sehingga Perseroan terus terpacu untuk selalu melakukan perencanaan inovasi dan evaluasi atas hasil implementasi inovasi tersebut.

"Kami berharap Forum Ekselen BUMN semakin mengembangkan mekanisme pelaksanaan assessment berbasis digital. Dimana hal tersebut sejalan dengan perubahan bisnis global yang semakin mengoptimalkan peran teknologi dalam menjalankan proses bisnisnya sehari-hari,” ungkap M. Aprindy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.