Sukses

Sri Mulyani Batal Beri Insentif ke Turis Asing, Ini Penjelasannya

Penundaan insentif bagi turis asing dilakukan untuk meminimalisir risiko penyebaran virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memutuskan untuk menunda pemberian insentif pariwisata bagi turis asing yang melakukan kunjungan ke Indonesia. Langkah tersebut diambil setelah masuknya virus Corona ke Indonesia yang mengakibatkan dua Warga Negara Asing (WNI) positif terjangkit.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, penundaan ini dilakukan untuk meminimalisir risiko yang akan terjadi. Pemerintah juga tengah membuat satgas yang dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Kesehatan dalam melihat perkembangan situasi terjadi saat ini.

"Sehingga instrumen untuk memberikan stimulus akan menyesuaikan dengan tingkat risiko itu, kalau misalkan risiko kita akan mengurangi dari sisi interaksi berarti risikonya harus di adjust dari sisi instrumen yang akan kita pakai," jelas Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Sri Mulyani menambahkan, pemerintah pusat dan pemerintah daerah juga terus memantau dan melakukan komunikasi secara intens untuk memberikan berbagai instrumen kebijakan. Hal ini dilakukan untuk sama-sama betul melihat perkembangan yang ada pasca masuknya virus Corona.

"Kalau nanti tujuan untuk stimulus kita harus cari waktunya yang tepat jadi ini semuanya akan fleksibel koordinatif diantara para menteri dan pemda," tandas dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lihat Kondisi

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, menjelaskan insentif pariwisata untuk turis asing diputuskan ditunda. Kemarin, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Indonesia positif virus corona karena tertular turis Jepang.

"Ditunda, direview dulu," ucap Menteri Wishnutama di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, pada Selasa 3 Maret 2020.

Dia menjelaskan rencana pemberian insentif bagi wisatawan asing belum pasti akan dilakukan. Sebab, saat ini pemerintah sedang menunggu perkembangan kondisi pasca dua orang warga Depok terserang virus corona.

"Sampai lebih jelas lagi kondisinya (virus corona)," ungkap Menteri Wishnu.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.