Sukses

Cek Stok Pangan dan Obat, Erick Thohir Bakal Tinjau Gudang Milik 2 BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir akan ke gudang Bulog dan Kimia Farma memastikan persediaan stok pangan dan obat-obatan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir akan meninjau gudang Bulog dan Kimia Farma pada hari ini. Ha tersebut untuk mengecek serta memastikan persediaan stok pangan, obat-obatan dan perlengkapan kesehatan di tengah merebaknya wabah virus corona.

"Disampaikan bahwa Rabu 4 Maret 2020 pukul 10.30, rencananya bapak Menteri BUMN Erick Thohir akan ke gudang Bulog dan Kimia Farma," menurut keterangan resmi dari Kementerian BUMN, dikutip dari Antara, Rabu (4/3/2020).

Rencana peninjauan Erick Thohir tersebut ke gudang Bulog dan Kimia Farma, dalam rangka mengecek stok persediaan di kedua gudang tersebut.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir memerintahkan BUMN pangan dan pupuk untuk menjaga stok dan distribusi menyusul wabah virus corona masuk ke Indonesia.

Erick Thohir menambahkan bahwa dirinya menginstruksikan kepada BUMN pangan untuk mempertahankan distribusi pangan dan bahan pokok selama wabah virus corona masih terjadi.

Menteri BUMN juga menginstruksikan BUMN pupuk untuk menjaga stok dan distribusi pupuk kepada petani.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Instruksi Erick Thohir

Selain itu Erick Thohir juga memerintahkan BUMN farmasi untuk mempertahankan ketersediaan stok dan menjaga stabilitas harga cairan antiseptik di tengah merebaknya wabah corona. Ia juga meminta BUMN farmasi untuk menjaga stok dan stabilitas harga alat pelindung diri dan alat-alat sanitasi.

Perintah Menteri BUMN tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nokor SE-1/MBU/03/2020 Tentang Kewaspadaan terhadap Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Salah satu maksud dan tujuan perintah Menteri BUMN tersebut adalah memperkuat business contingency plan untuk menjaga stabilitas dan keberlanjutan operasional maupun bisnis BUMN.

Presiden Joko Widodo sendiri menjamin kebutuhan pokok dan obat-obatan untuk memenuhi permintaan domestik atau dalam negeri memadai.

Presiden menegaskan telah mengecek langsung ketersediaan bahan makanan pokok ke Bulog dan ke sektor swasta melalui Aprindo.

Presiden juga menginstruksikan Kapolri agar menindak tegas oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momentum seperti sekarang ini untuk mengambil keuntungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.