Sukses

Dampak Erupsi Gunung Merapi, 2 Penerbangan dari Bandara Soetta Dibatalkan

Selain Garuda Indonesia, maskapai Lion Air juga terdampak erupsi Gunung Merapi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Pembatalan dan mengubah rute atau re-route sejumlah penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno - Hatta (Soetta) menuju Bandara Adi Soemarno, Solo Jawa Tengah.

Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soetta, Febri Toga Simatupang mengatakan, sejak diterbitkannya Notam tersebut terdapat 2 penerbangan Garuda Indonesia (GA) tujuan Solo dibatalkan (canceled).

"Dari Bandara Soekarno-Hatta ada dua penerbangan Garuda Indonesia yang cancel yakni GA-225 dan GA-022," katanya, Selasa (3/3/2020).

Selain Garuda Indonesia, maskapai Lion Air juga terdampak erupsi Gunung Merapi tersebut. Penerbangan rute Bandara Soetta- Solo terpaksa mengubah rute ke Semarang.

"Untuk penerbangan lainnya re-route ke Semarang untuk Lion Air. Itu terdapat 3 penerbangan," tutur Febri.

Ferbi juga mengatakan, sejak penutupan Bandara Internasional Adi Sumarmo, sejauh ini operasional Bandara Soetta normal. Tidak penumpukan penumpang dan antrean di check-in konter.

"Sejauh ini di Bandara Soekarno-Hatta normal. Kami terus memantau perkembangan lanjutan terkait penerbangan menuju Solo," katanya. (Pramita Tristiawati)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bandara Solo Kembali Beroperasi Normal Usai Ditutup Akibat Erupsi Gunung Merapi

AirNav Indonesia telah menerbitkan NOTAM nomor B0620/20C pukul 15.30 WIB perihal Pembukaan Bandara Adi Soemarmo (Solo). Dengan demikian, Bandara Solo kembali beroperasi normal, setelah ditutup sejak Pk 09.25 WIB pagi tadi.

"Berdasarkan hasil pengamatan, sudah tidak terdapat sebaran abu vulkanik pada runway dan apron di Bandara Adi Soemarmo," kata Manager Humas AirNav Indonesia Yohanes Sirait dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Sementara itu, Bandara Jogja baik Adi Sucipto maupun Yogyakarta International Airport dan Semarang tetap beroperasi normal.

"AirNav Indonesia bersama seluruh stakeholder terkait akan terus memantau perkembangan dampak erupsi Gunung Merapi terhadap penerbangan dan selalu menginformasikan melalui NOTAM setiap perkembangan yang terjadi," kata dia.

Selama penutupan, terdapat 13 penerbangan yang dibatalkan, antara lain:

-Lion Air 537 Solo menuju Jakarta (CGK)

-Lion Air 534 Jakarta (CGK) menuju Solo

-Lion Air 535 Solo menuju Jakarta (CGK)

-Wings Air 1904 Bandung menuju Solo

-Wings Air 1905 Solo menuju Bandung

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

-Air Asia 8454 Bali menuju Solo

-Air Asia 8455 Solo menuju Bali

-Citilink 122 Jakarta (Halim) menuju Solo

-Citilink 123 Solo menuju Jakarta (Halim)

-Garuda Indonesia 222 Jakarta (CGK) menuju Solo

-Garuda Indonesia 225 Solo menuju Jakarta (CGK)

-Air Asia 702 Jakarta (CGK) menuju Semarang

-Air Asia 703 Semarang menuju Jakarta (CGK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.