Sukses

Dampak Erupsi Gunung Merapi, Lion Air Group Batalkan 6 Penerbangan

Material abu vulkanik atau volcanic ash dari erupsi Gunung Merapi dapat merusak pesawat, sehingga membahayakan penerbangan.

Liputan6.com, Jakarta Lion Air Group membatalkan empat penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah. Hal ini terkait dengan erupsi dan aktivitas (volcanic ash) Gunung Merapi di Magelang, Jawa Tengah dan Yogyakarta

"Dalam rangka memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, operasional Lion Air Group mengalami penyesuaian dengan situasi tersebut," ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (3/3/2020). 

"Lion Air Group menginformasikan bahwa material abu vulkanik atau volcanic ash dapat merusak pesawat, sehingga membahayakan penerbangan," lanjut dia.

Penyesuaian operasional Lion Air ini Sesuai pengumuman resmi dari otoritas bandar udara (notam) bernomor B0615/20, yaitu berupa penutupan operasional bandar udara hingga pukul 15.30 Waktu Indonesia Barat (WIB, GMT+07) pada hari ini (03/ 03).

"Untuk alasan keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), layanan Lion Air Group mengalami penyesuaian operasional, antara lain pembatalan, penundaan keberangkatan dan kedatangan," kata dia.

Lion Air Group memastikan akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dan akan menyampaikan sesuai perkembangan terkini.

"Lion Air patuh dan menjalankan segala ketentuan operasional dengan tetap mengutamakan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rincian Pembatalan Penerbangan

Lion Air (kode penerbangan JT)

1. Penerbangan JT-537 Solo (SOC) ke Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) – jadwal keberangkatan 09.45 WIB.

2. Penerbangan JT-535 Solo (SOC) ke Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) – jadwal keberangkatan 13.40 WIB.

3. Penerbangan JT-534 Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) ke Solo (SOC) – jadwal keberangkatan 11.45 WIB.

4. Penerbangan JT-538 Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) ke Solo (SOC) – jadwal keberangkatan 18.30 WIB.

 

Wings Air (kode penerbangan IW)

1. Penerbangan IW-1904 Bandung (BDO) ke Solo (SOC) – jadwal keberangkatan 10.30 WIB.

2. Penerbangan IW-1905 Solo (SOC) ke Bandung (BDO) – jadwal keberangkatan 11.55 WIB.

 

Informasi Penundaan Keberangkatan dan Kedatangan:

1. Penerbangan JT-118 (ferry flight) Solo (SOC) ke Jeddah (JED) – jadwal keberangkatan 10.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.