Sukses

Cegah Penyebaran Corona, MRT Gencar Sosialisasikan Pemakaian Masker

Seluruh jaringan stasiun MRT telah dilengkapi dengan hand sanitizer yang menempel di dinding beserta sosialisasi cara penggunaan masker.

Liputan6.com, Jakarta - Pasca Presiden Jokowi mengumumkan dua orang Indonesia yang positif terkena virus COVID-19 atau yang lebih dikenal dengan virus Corona, Indonesia terus memperketat pengamanan di tempat umum seperti stasiun.

Sejak 2 minggu lalu, seluruh jaringan stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) telah dilengkapi dengan hand sanitizer yang menempel di dinding beserta sosialisasi cara penggunaan masker.

Pantauan Liputan6.com di stasiun MRT Bundaran HI, Selasa (03/03/2020), sosialisasi tersebut ditempel di dinding pintu masuk toilet, baik pria maupun wanita. Tertulis langkah-langkah menggunakan masker dengan benar.

 

"Gunakan masker bila batuk atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam (etika batuk)," demikian tertulis dalam papan sosialisasi tersebut.

Penumpang juga dianjurkan untuk menjaga kebersihan tangan dengan hand sanitizer setiap keluar dan masuk kamar kecil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasang Thermal Scanner

Sementara, pengamanan lainnya belum terlihat diterapkan dengan ketat di stasiun. Salah seorang petugas keamanan di stasiun MRT Istora Mandiri menyatakan, memang ada wacana akan dipasang thermal scanner untuk mendeteksi suhu badan penumpang.

"Tapi, belum ada arahan lagi dari atas. Sementara baru ini (sosialisasi penggunaan masker dan penyediaan hand sanitizer)," ujarnya menjawab Liputan6.com.

Sebelumnya, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar menyatakan akan memasang alat pendeteksi suhu tubuh dan sedang disiapkan saat ini.

"Setelah mendapat arahan dari Gubernur kita akan sediakan pengecek suhu, sedang disiapkan," ujar William beberapa waktu lalu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.