Sukses

7 Tips Menabung Tanpa Harus Mengubah Gaya Hidup

Menabung tidak selalu butuh pengorbanan. Ada banyak tips untuk menabung buat kamu tanpa harus mengubah gaya hidup.

Liputan6.com, Jakarta - Menabung tidak selalu butuh pengorbanan. Ada banyak tips untuk menabung untuk kamu tanpa harus mengubah gaya hidup.

Di beberapa kasus, orang menabung dengan menahan segala macam hal sehingga justru membuat mereka terlihat susah. Padahal ada cara agar menabung tidak perlu perubahan yang drastis.

Berikut ini 7 tips untuk memulai menabung tanpa mengubah gaya hidup, seperti dikutip dari fool.com, Rabu (4/3/2020):

1. Tidak Berlangganan

Coba lihat tagihan kartu kredit. Cari apakah kamu menerima layanan langganan majalah, musik, atau lainnya yang tidak berguna. Banyak orang yang lupa bahwa dia berlangganan karena pembayarannya setahun sekali.

Jika mempunyai layanan langganan yang tidak berguna segera dibatalkan dan masukan pengeluaran ke dalam rekening ekstra.

Pertimbangkan juga untuk pengeluaran langganan data untuk ponsel. Tidak ada gunanya membayar tagihan unlimited jika hanya dipakai sedikit.  Lebih baik membeli sesuai kebutuhan dan pengeluarannya bisa digunakan untuk menabung tanpa merasa kekurangan.

2. Menggunakan Kupon atau Diskon

Menghemat uang dapat dilakukan dengan membayar apapun menggunakan kupon atau diskon yang didapat dari berbagai sumber. Mungkin hanya berkurang sedikit pengeluaran yang harus dibayar, tapi dengan hal kecil ini dapat membuat membayar dengan sedikit dan sisanya bisa ditabung.

3. Beli  Obat Generik

Belilah obat generik jika efeknya sama dengan obat bermerek, karena terkadang merek bisa membuat harga obat lebih mahal. Lebih baik membeli obat generik apabila manfaatnya sama dan bisa membuat tabungan bertambah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Membeli secara Grosir

Membeli barang, seperti kertas toilet, sabun, baterai dalam jumlah yang besar dapat menghemat pengeluaran daripada membeli dalam jumlah kecil dan membeli lagi jika sudah habis.

Sebelum membeli secara banyak periksa dulu tanggal kadaluwarsa agar tetap bisa digunakan dalam waktu yang lama.

5. Fokus pada efisiensi energi

Tindakan sederhana seperti mematikan suhu pada pemanas air atau mengubah bola lampu dari lampu pijar ke lampu LED dapat membuat perbedaan dalam tagihan listrik dan membantu lingkungan dengan sedikit atau tanpa biaya di muka.

Cari peralatan rumah tangga dengan model hemat energi untuk membantu menghemat lebih banyak air dan listrik. 

Biaya energi hantu dapat dihilangkan dengan menghubungkan beberapa perangkat ke soket ekstensi dan matikan seluruh soket ketika tidak digunakan untuk menghindari membuang uang dari listrik yang digunakan.

6. Membeli filter air

Botol air plastik buruk bagi lingkungan dan harganya bisa mahal jika sering dibeli. Pertimbangkan untuk membeli filter air untuk bak cuci dan botol air yang dapat digunakan kembali yang diisi ulang dan dibawa kemanapun.

Hal ini adalah investasi awal dan mengganti filter secara berkala harus dilakukan,  tetapi dalam jangka panjang, itu akan menghemat uang dibandingkan dengan membeli banyak botol air plastik setiap bulan. Dan Anda bisa merasa senang melakukan sesuatu untuk menjaga lingkungan.

7. Mangumpulkan uang koin

Tidak ada yang peduli dengan uang koin, tapi koin itu uang dan jika jumlahnya banyka maka nilai uangnya juga banyak. Kumpulkan uang koin dalam wadah hingga banyak dan dapat ditukarkan ke bank dan ditabung.

Jika ingin menghemat uang lebih banyak, mungkin bisa merubah gaya hidup. Tetapi dengan tips di atas mungkin tidak akan membuat perubahan yang besar dan tetap membantu untuk menabung.

 

Reporter : Tiara Sekarini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini