Ingin Membuat CV Jadi Menarik? Coba Kunjungi Situs Ini

Oleh Fitriana Monica Sari pada 06 Mar 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 06 Mar 2020, 07:00 WIB
Ilustrasi Resume/ CV (Foto: themuse.com)
Perbesar
Ilustrasi Resume/ CV (Foto: themuse.com)

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti sering mendengar istilah CV ketika akan melamar pekerjaan. CV atau Curriculum Vitae merupakan daftar riwayat hidup seseorang yang sering dilampirkan ketika melamar pekerjaan.

Daftar riwayat hidup ini berisi profil hingga pengalaman pelamar sehingga bisa dijadikan bahan pertimbangan ketika seleksi kerja. CV harus disusun semenarik mungkin agar pihak HRD perusahaan tertarik untuk melihat profil Anda.

Oleh karena banyaknya CV masuk ke perusahaan terkadang menuntut HRD untuk menyeleksi CV dengan cepat sehingga hanya dilihat sekilas dari penampilan luarnya. Sudah jelas kalau CV yang lebih menarik tentu saja memiliki peluang lebih tinggi untuk di lihat oleh pihak HRD.

Tidak hanya itu saja, CV dengan tampilan lebih menarik akan menunjukkan bahwa kepribadian Anda juga bisa menarik. Namun mungkin sebagian dari Anda masih kebingungan bagaimana caranya membuat CV.

Jangan khawatir, berikut ini terdapat beberapa website yang bisa membantu Anda untuk membuat CV bagus dan menarik karena tersedia template yang bisa digunakan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Resume.io

Resume.io menjadi website pertama untuk Anda gunakan untuk membuat sebuah CV. Website ini paling cocok untuk Anda yang menyukai CV sederhana karena template yang tersedia kebanyakan bergaya minimalis. Anda bisa langsung memasukkan data pada template yang kosong tanpa perlu menambahkan fields.

Keunggulan dari situs ini yaitu adanya fitur tracking sehingga Anda bisa menilai sendiri CV yang sebelumnya pernah dibuat. Selain itu, Anda juga bisa tahu kapan seseorang melihat CV tersebut dan mengatur pelacakan khusus. 

2 dari 5 halaman

2. Kinzaa

Ilustrasi orang sedang mengetik di laptop. Kredit: StartupStockPhotos via Pixabay
Perbesar
Ilustrasi orang sedang mengetik di laptop

Sebelum membuat CV, Anda harus mengisi profil yang akan terkoneksi dengan CV yang akan dibuat. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengisi data ketika akan membuat CV menggunakan Kinzaa ini. 

Kelebihan website ini diantaranya yaitu dapat mengunduh video pribadi, bisa memanfaatkan fitur slider agar bisa menampilkan tingkat kemampuan, dan lain-lain. Kelebihan-kelebihan tersebut mampu membuat CV yang Anda buat terlihat jauh lebih menarik.

3. VisualCV

VisualCV termasuk website yang membuat CV secara user friendly atau mudah digunakan. Anda bisa meng-import file tertentu dari LinkedIn jika menggunakan website ini sehingga lebih memudahkan. Jika ingin fitur lebih, Anda bisa menggunakan VisualCV yang versi berbayar.

Dalam website ini, Anda juga bisa melihat banyak contoh CV, tentunya yang lebih menarik dan juga spesifik sesuai dengan bidang yang diinginkan. Tidak banyaknya editing tools juga memberikan kemudahan tersendiri karena Anda bisa langsung mengisi data pada template yang ada secara langsung.

3 dari 5 halaman

4. Resumonk

Wanita Karir
Perbesar
ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Resumonk cocok untuk Anda yang menginginkan CV sederhana saja dan langsung fokus pada hal penting. Pada versi gratisnya, Anda bisa memilih salah satu dari 4 template CV yang lebih menarik. 

Agar watermark pada versi gratis hilang, Anda bisa membeli versi premium dengan harga 23 dolar AS. Selain itu, versi premium juga memiliki lebih banyak fitur.

5. Uptowork

Jika menggunakan situs ini, Anda bisa memilih salah satu dari dua versi yang ada yaitu starter plan dengan harga USD 4,99 dan premium plan dengan harga USD 99,9. Pada versi starter plan, Anda akan memiliki 4 template logo yang berbeda. Sedangkan pada versi premium, Anda bisa mendapatkan 20 jenis template tanpa logo.

4 dari 5 halaman

6. ConnectCV

Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Dengan menggunakan ConnectCV, Anda bisa mendapatkan banyak contoh CV ini bisa dijadikan inspirasi untuk membuat CV sendiri yang menarik. Tidak hanya itu saja, tips dan juga panduan membuat CV dengan baik yang bisa Anda ikuti juga ada.

Ada cukup banyak fitur yang disediakan, contohnya yaitu Anda dapatkan menambahkan gambar atau tabel dengan mudah. Anda juga bisa memodifikasi contoh CV di aplikasi sehingga bisa lebih cepat untuk mendapatkan CV baru.

7. ResumeGenius

User interface yang baik merupakan salah satu kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika membuat CV di website ResumeGenius. Dengan user interface yang baik maka Anda bisa membuat CV dengan cepat dan mudah karena tidak kebingungan.

Di samping banyaknya kelebihan namun tetap saja ada kekurangannya. Salah satu kekurangannya yaitu saat Anda ingin mengunduh CV, Anda diharuskan untuk login ulang. Selain itu, Anda hanya bisa menggunakan font standar jika tidak membeli versi premium.

5 dari 5 halaman

8. CV Maker

Memangku Laptop
Perbesar
Ilustrasi Foto Memangku Laptop (iStockphoto)

Website terakhir yang bisa membantu Anda untuk membuat CV yang lebih menarik adalah CV Maker. Salah satu kelebihan dari website ini yaitu Anda tidak perlu membayar untuk menggunakannya. 

Pertama, isilah formulir pada setiap tab dan mengikuti langkah selanjutnya. Anda bisa mengubah CV yang dibuat ke berbagai macam format seperti HTML, PDF, atau TXT.

Pilih Situs Temlate CV Terbaik Menurut Anda Sendiri

Itulah delapan situs template pembuatan CV yang bisa Anda gunakan untuk membuat daftar riwayat hidup buat melamar kerja jadi lebih menarik. Masing-masing website di atas memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda bisa memilih salah satu website yang dianggap paling mudah dan juga sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Lanjutkan Membaca ↓