Jenis Pekerjaan Konstruksi ini Selalu Ada Lowongan, Minat?

Oleh Fitriana Monica Sari pada 03 Mar 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 03 Mar 2020, 07:00 WIB
Lowongan Pekerjaan

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan perkembangan zaman, industri di berbagai bidang juga turut berkembang dengan pesat. Kebutuhan manusia yang semakin bertambah jenisnya membuat industri pembangunan semakin dituntut untuk lebih efisien.

Sebagai penyedia infrastruktur dan tempat hunian, jasa konstruksi semakin dibutuhkan di era berkembang seperti sekarang. Dan tentunya, hal ini semakin banyak memunculkan lapangan pekerjaan di bidang konstruksi atau pembangunan.

Berbicara soal pembangunan, kita tentu tidak bisa memungkiri bahwa faktanya pekerjaan ini membutuhkan keahlian tersendiri. Mengingat risiko yang cukup tinggi, orang-orang yang bekerja di bidang ini dituntut agar bisa selalu menjaga diri dan beradaptasi dengan cepat.

Pekerjaan di bidang ini juga sering dikaitkan dengan tenaga dan otot karena identik dengan pekerjaan kasar. Tapi bagi Anda yang berminat bekerja di bidang konstruksi, pekerjaan ini tidak hanya seputar tenaga dan kekuatan saja.

Pekerjaan di bidang ini juga ternyata butuh otak dan keahlian khusus, sehingga dibutuhkan oleh banyak orang. Dan yang lebih menggembirakan, karena sektor konstruksi akan selalu ada lowongan pekerjaan. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pekerjaan sebagai Cost Estimator (Estimator Biaya)

Dalam bidang konstruksi, melakukan estimasi biaya yang tepat adalah salah satu kunci agar sebuah proyek pembangunan bisa berjalan dengan sukses. Inilah alasan mengapa seorang cost estimator dibutuhkan.

Pekerjaan di bidang konstruksi tidak selalu identik dengan fisik dan tenaga, menjadi seorang cost estimator membutuhkan kemampuan matematis yang handal. Keahlian ini dibutuhkan agar bisa melakukan proyeksi biaya yang harus dikeluarkan dengan tepat dalam suatu proyek pembangunan.

Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian dan ketepatan dalam menentukan estimasi biaya pembangunan dari awal sampai selesai nanti. Dimulai dari pembelian bahan, perizinan, dan biaya-biaya lain.

2 dari 3 halaman

2. Pekerjaan sebagai ‘Construction Manager’ (Manajer Konstruksi)

Lowongan Pekerjaan
Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Tidak kalah penting dengan estimator biaya, pekerjaan sebagai manajer konstruksi menjadi sangat penting dalam suatu proyek pembangunan dan selalu dibutuhkan.

Seorang manajer konstruksi bertanggung jawab agar sebuah proyek pembangunan dapat berjalan sesuai jadwal atau deadline yang telah ditentukan. Pekerjaan ini memerlukan keahlian project management yang baik agar senantiasa bisa menugaskan para pekerja dengan tepat agar proyek bisa selesai dengan tepat waktu.

Namun, pekerjaan ini tidak membutuhkan tenaga yang banyak, tetapi memerlukan kemampuan analisa tenaga kerja dan estimasi waktu yang baik. Tanpa adanya seorang manajer proyek yang handal, sebuah proyek tidak akan selesai dengan tepat waktu.

3. Pekerjaan sebagai Glass Technician (Teknisi Kaca)

Menjadi seorang teknisi kaca harus memiliki keahlian tersendiri agar pemasangan kaca sesuai dengan spesifikasi bangunan yang diinginkan. Kaca adalah salah satu elemen penting dalam melakukan pekerjaan konstruksi, baik itu saat membangun rumah, gedung, ataupun bangunan lain.

Keahlian seorang teknisi kaca yang handal menjadi sangat penting dalam proses pembangunan. Seorang teknisi kaca harus mampu bertanggung jawab dan memastikan setiap bagian kaca terpasang dengan baik.

Hal ini termasuk proses pengukuran, pemotongan, dan pemasangan kaca untuk berbagai bangunan yang sudah maupun yang akan dibangun. Keahlian geometri dan nyali yang besar juga diperlukan dalam pekerjaan ini.

Karena dalam proses pemasangan kaca seringkali dilakukan di tempat-tempat tinggi. Jadi, kamu harus siap bekerja di tempat-tempat tinggi setiap saat.

3 dari 3 halaman

4. Pekerjaan sebagai ‘Elevator and Escalator Technician’ (Teknisi elevator dan eskalator)

Ilustrasi eskalator.
Ilustrasi eskalator. (iStockphoto)

Pekerjaan sebagai teknisi eskalator atau lift sangat dibutuhkan karena banyaknya bangunan bertingkat di kota-kota besar. Tidak hanya perlu menguasai kemampuan elektrikal yang handal, teknisi jenis ini juga dituntut agar selalu siap siaga tiap saat.

Mengapa begitu? Karena pekerjaan ini menyangkut keselamatan banyak orang. Teknisi lift dan eskalator ini bertanggung jawab melakukan instalasi dan perbaikan pada kedua mesin tersebut.

Lift dan eskalator yang banyak ditemui di mall, hotel, apartemen, atau pusat perbelanjaan memerlukan perawatan yang rutin agar bisa tetap beroperasi dengan baik.

Para teknisi dituntut untuk memastikan bahwa proses maintenance ini dilakukan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Mereka juga harus siap apabila terjadi keadaan darurat apabila mesin tidak berfungsi atau terjadi kerusakan mendadak.

Kemampuan Teknis dan Keahlian Khusus Jadi Modal Utama

Buang jauh-jauh persepsi bahwa pekerjaan di bidang konstruksi hanya mengandalkan otot saja. Kamu perlu tahu bahwa profesi di bidang konstruksi membutuhkan kemampuan dan keahlian khusus yang perlu dilatih selama bertahun-tahun. Bahkan sekarang ini ada jurusan perkuliahan Teknik Sipil dan Ekonomi Konstruksi semakin banyak diminati oleh banyak orang.

Bagi kamu yang memiliki latar belakang teknik atau matematis, tidak perlu ragu untuk terjun dalam industri ini. Karena nyatanya, ada beberapa pekerjaan yang tidak terlalu melibatkan aktivitas fisik dalam bidang konstruksi. Terus berkarya dan belajar!

Lanjutkan Membaca ↓