Langkah Awal Mandiri Finansial dalam 30 Menit

Oleh Tira Santia pada 02 Mar 2020, 06:00 WIB
Diperbarui 02 Mar 2020, 06:00 WIB
[Fimela] Ilustrasi finansial
Perbesar
Ilustrasi kebahagiaan finansial | unsplash.com

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dalam waktu setengah jam. Mungkin Anda bisa melakukan aktivitas favorit, seperti tidur siang atau selesaikan membaca satu bab buku.

Selain itu, Anda bisa mengambil langkah pertama menuju kemandirian finansial dalam waktu kurang dari 30 menit. Yuk mari simak dan pahami!

Dikutip dari CNBC, Senin (1/3/2020), langkah awal adalah hitung kekayaan bersih. Anda tidak perlu menjadi miliarder atau orang kaya untuk mengetahuinya, melainkan dengan melihat apa saja yang Anda miliki saat ini.

Kekayaan bersih Anda pada dasarnya adalah jumlah seluruh aset Anda, dikurangi kewajiban. Aset Anda dapat berupa uang tunai, mobil, rumah, rekening pensiun, properti investasi, dan barang berharga lainnya, seperti seni dan perhiasan.

Sedangkan kewajiban adalah utang yang Anda miliki. Utang tersebut bisa berupa utang jangka panjang, pinjaman mahasiswa, saldo kartu kredit, dan pinjaman pribadi lainnya. Cari tahu perbedaan antara apa yang Anda miliki, dan apa yang Anda miliki apakah kekayaan bersih Anda.

Jika tandanya merah, maka Anda harus mulai menabung lebih banyak dan pengeluaran lebih sedikit.

Anda juga harus memiliki anggaran. Namun, langkah paling penting yang benar adalah mengurangi kewajiban Anda. Mulailah dengan membayar utang dengan tingkat bunga tertinggi, terutama kartu kredit, yang dapat memiliki tingkat bunga lebih tinggi dari 25 persen.

Setelah Anda memiliki rencana untuk melunasi utang, saatnya untuk membuat anggaran. Anda dapat memulai ini dalam waktu kurang dari 30 menit. Membuat anggaran mungkin tampak rumit dan mungkin tidak terdengar menyenangkan, tetapi tujuan dari latihan ini adalah untuk memulai, jadi anggaran awal ini tidak akan dirinci.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sumber Pendapatan

6 Tips Keuangan untuk Pasangan Menikah
Perbesar
Agar Anda dan pasangan terhindar dari masalah finansial dalam perniakahan, ikuti tips berikut ini.

Mulailah dengan mendaftar semua sumber pendapatan yang Anda terima dalam sebulan. Kemudian, tuliskan semua pengeluaran penting Anda, hal-hal seperti sewa, pembayaran mobil, dan daya guna suatu barang.

Lalu, sekarang daftarkan semua yang Anda belanjakan, tetapi untuk hal yang tidak penting seperti hiburan, makan di luar atau berberlanja keinginan, di luar kebutuhan jangan Anda lakukan.

Selanjutnya, unduh laporan kartu kredit atau kartu debit terbaru Anda. Lalu buka setiap item baris dan letakkan dalam kategori penting atau tidak perlu sama sekali.

Dengan pengeluaran yang dikategorikan, kini Anda memiliki gambaran tentang kebiasaan belanja Anda. Telusuri hal-hal yang tidak penting, dan lihat di mana Anda bisa mengurangi pengeluaran.

Kendati begitu berarti Anda harus mengurangi membeli makan dari luar dengan menyiasati lebih banyak memasak di rumah. Atau mungkin Anda akan menemukan langganan yang tidak lagi Anda gunakan, yang bahkan Anda tidak tahu masih membayar.

Penting untuk memiliki anggaran dan membuat rencana untuk mengurangi pengeluaran. Kemudian, Anda dapat mulai menyumbangkan uang ke dana darurat.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya