Sukses

3 Langkah Jitu agar Bisnis Tumbuh dengan Cepat

Siapa sebenarnya pelanggan potensial Anda? Pertanyaan lain adalah mengapa dia mau membeli dari Anda?

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini banyak orang ingin mengembangkan bisnis sendiri. Namun dari banyak orang yang membangun usaha sendiri tersebut, tak semuanya bisa berjalan sukses. 

Membangun bisnis sendiri memang tak mudah. Namun jika telah menemukan strategi yang tepat, maka bisnis bisa berjalan dengan lancar dan mampu meraih sukses dengan cepat. 

Berikut beberapa pertimbangan utama untuk memastikan bahwa bisnis Anda tumbuh dengan cepat, dilansir dari laman Brinatracy.com, Minggu (1/3/2020):

1. Apa yang dicari

Ada dua alasan bisnis bisa tumbuh baik. Nomor satu, produk atau layanan cocok untuk kebutuhan pasar saat ini. Itu berarti bahwa orang menginginkannya dan membutuhkannya dan dapat menggunakannya, serta mampu membelinya dan mau membelinya sekarang.

Nomor dua, analisis pasar yang cermat diselesaikan sebelum memulai operasi bisnis. Dengan kata lain, banyak pemikiran masuk ke apakah ada pasar sebelum produk ditawarkan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Lakukan Analisis Pasar

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab sehubungan dengan analisis pasar. Nomor satu, berkenaan dengan produk atau layanan baru ini, apakah ada pasar? Ini adalah pertanyaan yang sangat penting.

Pertanyaan kedua, apakah pasarnya cukup besar? Apakah pasar cukup besar dan cukup terkonsentrasi sehingga Anda dapat menjual cukup produk atau jasa dengan harga yang cukup tinggi untuk mencari keuntungan dari itu?

Pertanyaan selanjutnya apakah pasar Terkonsentrasi? Misalnya, mungkin ada pasar untuk 100 ribu unit produk tertentu. Tetapi jika itu adalah satu per komunitas di seluruh negeri, hampir mustahil untuk menjangkau orang-orang itu dengan segala jenis usaha periklanan atau penjualan.

Jadi fakta bahwa pasar tidak cukup terkonsentrasi berarti tidak mungkin untuk membuat kesuksesan bisnis yang menjual satu per komunitas.

 

3 dari 3 halaman

3. Menentukan segmen pelanggan

Siapa sebenarnya pelanggan potensial Anda? Pertanyaan lain adalah siapa pelanggannya dan mengapa dia membeli dari Anda?

Pertanyaan penting lainnya mengapa dia akan beralih dari pemasok mereka saat ini untuk membeli dari Anda?

Banyak perusahaan kecil bangkrut karena mereka tidak memiliki alasan yang cukup mendesak, bagi seseorang untuk beralih dari pemasok mereka saat ini ke produk atau layanan baru.

Maka dari itu supaya bisnis Anda berjalan sesuai rencana, Anda perlu mengontrol Keuangan Anda terlebih dahulu, untuk kesuksesan bisnis adalah kontrol keuangan yang ketat. Penganggaran yang bagus. Pembukuan dan akuntansi yang akurat. Ingat, berlatih berhemat. Jadilah murah, murah, murah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.