Sukses

Perangi Corona, 5 Miliarder Ini Rela Gelontorkan Miliaran hingga Triliunan Rupiah

Berikut adalah lima miliarder yang gelontorkan dana untuk hadapi virus corona

Liputan6.com, Jakarta Hingga saat ini, Virus Corona masih menjadi momok bagi seluruh warga dunia. Jumlah penderitanya terus meningkat, demikian juga korban meninggal. Wabah yang bermula di Wuhan, Cina, ini pun telah menyebar ke negara lain hingga Eropa, Kanada, dan Singapura. 

Karena tergolong jenis baru, virus ini membutuhkan penanganan yang cepat dan inovatif. Biayanya pun besar. Di Republik Tiongkok, biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk melawan corona mencapai Rp2.000 triliun. Uang ini dialokasikan untuk pembangunan rumah sakit khusus penderita virus corona di Wuhan dan kebutuhan lainnya.

Masyarakat dunia pun bekerja sama untuk memberikan donasi demi menangani virus ini. Beberapa di antaranya adalah pengusaha sukses yang tidak asing lagi.

Berikut adalah lima miliarder yang gelontorkan dana untuk hadapi virus corona, seperti dikutip dari Swara Tunaiku:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bill Gates

Melalui Bill and Melinda Foundation, Pendiri Microsoft ini mendonasikan uang sebesar USD 10 juta atau setara Rp136 miliar untuk menangani virus corona.

Duit itu enggak cuma ke Tiongkok tapi juga ke Afrika. Masing-masing negara menerima USD 5 juta dari Gates.

Bill Gates menyumbangkan uang itu untuk biaya pengobatan, penyediaan obat-obatan, serta peningkatan fasilitas penunjang di daerah terinfeksi corona. 

3 dari 6 halaman

2. Jack Ma

Jack Ma merupakan orang terkaya kedua di Tiongkok. Dia menyumbangkan dana senilai USD 14 juta atau Rp191 miliar. Jack Ma menginstruksikan agar dana tersebut digunakan untuk pengembangan vaksin corona oleh Kementerian Kesehatan di Republik Tiongkok.

Bukan cuma individu, perusahaan yang didirikan Jack Ma, Alibaba juga tengah menghimpun dana sebesar USD 144 juta atau Rp1,9 triliun. Uang itu akan digunakan untuk membantu rumah sakit di Wuhan.

4 dari 6 halaman

3. Baidu, Tencent, Huawei, dan ByteDance

Perusahaan raksasa teknologi di Tiongkok juga enggak mau ketinggalan untuk membantu penanganan virus corona. Mereka adalah Baidu, Tencent, Huawei, dan ByteDance. Bila digabungkan, perusahaan teknologi ini menyumbang dana senilai USD 115 juta atau Rp1,5 triliun.

Sama seperti miliarder lainnya, dana sumbangan itu ditujukan untuk meneliti obat-obatan dan vaksin, serta membantu pemerintah daerah di Tiongkok. Bantuan dari Huawei sendiri dipakai untuk membantun rumah sakit darurat di Wuhan.

5 dari 6 halaman

4. Bernard Arnault dan Francois Pinault

Dua miliarder asal Prancis ini juga ikut menggelontorkan jutaan dolar untuk penanganan virus corona. Kedua CEO LVMH Moet Hennessy ini masing-masing menyumbang USD 2,3 juta atau 31 miliar dan USD 1 juta atau Rp13 miliar untuk penanganan virus corona.

6 dari 6 halaman

5. Apple

Tim Cook yang merupakan CEO Apple telah mengumumkan bahwa perusahaan yang dipimpinnya akan membantu penanggulangan corona di Tiongkok. Alasan mereka jelas, mengingat Tiongkok merupakan pasar terbesar dari Apple. Cook tidak menjelaskan jumlah sumbangannya.

Itulah daftar miliarder yang menyumbangkan hartanya untuk penanganan virus corona. Sebenarnya besar atau kecil sebuah sumbangan enggak jadi masalah, yang penting ikhlas. Namun mengingat besarnya biaya penanganan ini, tentu saja bantuan dari para miliarder ini jadi signifikan. Mudah-mudahan vaksin untuk virus corona segera ditemukan, ya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.