Sukses

Buwas Pastikan Belum Ada Putusan Soal Impor Gula

Semakin lama keputusan impor keluar maka Bulog akan semakin sulit menstabilkan harga gula.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso mengaku tak mengetahui secara pasti mengenai rencana impor gula yang akan dilakukan oleh pemerintah. Menurutnya, sampai saat ini belum ada keputusan mengenai impor gula.

"(Impor gula?) saya nggak tahu, jangan tanya saya. Sampai saat ini belum ada keputusan. Itu yang menentukan Kementerian Perdagangan. Ya sudah nggak usah ditanyakan keputusannya. Itu kan tidak ada keputusannya," ujarnya di Gudang Bulog Pulogadung, Jakarta, Kamis (27/2).

Budi mengatakan, semakin lama keputusan impor keluar maka pihaknya akan semakin sulit menstabilkan harga gula. Sebab, Bulog bekerja tidak seperti swasta yang bisa impor kapan saja tetapi ada prosedur yang harus dijalani sesuai dengan putusan pemerintah.

 

"Kalau kita semakin mepet, kan waktunya tidak ada lagi. Kita kan susah. Bulog ini kan tidak impor secara umum. Kita impornya diawasi. Diaudit oleh BPK. Bukan seperti swasta, karena kita penugasan," jelasnya.

"Berarti harganya sudah dipatok sekian, jualnya sekian, kualitasnya harus sekian. Itu, jadi beda. Maka bulog tidak bisa disamakan dengan swasta. Kalau swasta begitu dapat berita impor ya impor, ya suka-suka dia saja," sambungnya.

Untuk itu, dia menambahkan, Bulog tak bisa berperan apa-apa untuk menstabilkan harga gula yang kian melambung. "Tidak ada keputusan sampai sekarang. Makanya untuk stabilisasi gula, bawang, dan lain-lain kecuali beras Bulog tidak bisa berperan apa-apa," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Gula Naik

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Bulog Budi Waseso mengatakan, saat ini harga gula naik karena kebutuhan meningkat sementara ketersediaan menurun. Sehingga jalan satu-satunya adalah mengambil kebijakan impor.

"Ya kan sekarang kenapa gula harganya tinggi karena kebutuhannya. Supply-nya terhenti, terhenti itu kan dari sebab-akibat, karena kekurangan. Termasuk tidak adanya tambahan impor, kan harusnya kita hitung memang kebutuhan. Impor tidak berdasarkan kuota, tapi kebutuhan. Harusnya kan begitu," jelasnya.

Dia menambahkan, sektor yang paling banyak mendapat kuota gula impor justru industri pabrik rafinasi yang seharusnya menyerap tebu-tebu rakyat. Namun, pihak pabrik melakukan hal curang dengan mengubah gula rafinasi menjadi gula konsumsi.

"Sekarang kan justru yang paling banyak mendapatkan kuota gula justru pabrik-pabrik rafinasi yang tidak menyerap tebu-tebu rakyat, masyarakat petani tebu. Tapi orang pabrik yang mengolah rafinasi jadi gula, ya sudah itu yang ada sekarang. Maka kita banyak impor dan membuat petani-petani yang sekarang kesulitan penerapan tebunya," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.