Menko Luhut Sebut Ada 30 Investor Minat Bangun Ibu Kota Baru

Oleh Athika Rahma pada 26 Feb 2020, 14:20 WIB
Diperbarui 26 Feb 2020, 14:20 WIB
Menperin Airlangga dan Menko Luhut Hadiri Rakorbidnas III Kemaritiman PDIP

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyatakan, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) menarik minat banyak investor.

Dirinya mengaku hingga saat ini, ada sekitar 30 perusahaan yang mau menggarap proyek pembangunan IKN dan seluruhnya berasal dari luar negeri.

"Saya baru dikirimi listnya, 30 perusahaan sudah mau masuk. Banyak investor yang ingin berpartisipasi bangun Ibu Kota Negara (IKN)," ujar Luhut di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (26/02/2020).

Luhut tidak menjelaskan detailnya, namun negara besar seperti Amerika, Jepang hingga Arab turut antre untuk bisa menanamkan modalnya di Indonesia.

"Banyak, Amerika masuk, Jepang masuk, Arab masuk, Singapura masuk," imbuhnya.

Meski enggan menyebutkan nilai investasinya di ibu kota baru, Luhut menyatakan bahwa perusahaan yang masuk berkonsentrasi di bidang listrik, pompa air dan sebagainya.

 

2 dari 3 halaman

Investor Lokal

Presiden Jokowi meninjau ibu kota baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).(Liputan6.com/ Lizsa Egeham)
Presiden Jokowi meninjau ibu kota baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).(Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Sementara, investor lokal juga tidak ketinggalan mau bantu membangun IKN. Sebut saja perusahaan-perusahaan karya (konstruksi).

"Yang lokal ya karya-karya itu, konstruksi, lalu ada juga di pembangunan yang lain," kata Luhut mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓