Turis Asing Bakal Dapat Diskon Tiket Pesawat Rp 700 Ribu

Oleh Liputan6.com pada 26 Feb 2020, 13:25 WIB
Diperbarui 26 Feb 2020, 13:25 WIB
Tarif Batas Atas Tiket Pesawat
Perbesar
Pesawat maskapai Garuda Indonesia terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 72 miliar bagi influencer dalam mempromosikan pariwisata Indonesia di tengah merebaknya virus Corona. Nantinya, pengelolaan dana tersebut akan berada di bawah Kementerian Pariwisata.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, dana influencer tersebut salah satunya diimplementasikan dalam bentuk pemberian diskon tiket pesawat sekitar USD 50 atau sekitar Rp 700.000 (asumsi USD 14.000). Pemberian diskon tersebut akan diatur oleh maskapai.

"Itu semuanya di pariwisata, karena itu bagian dari paket wisman dan wisnus. Wisman kalau dari AS atau Australia itu setiap orang begitu ke Indonesia dapat 50 USD. Teknisnya dengan industri pariwisata, airline masing-masing," ujarnya di Pasific Place, Jakarta, Rabu (26/2).

Sementara itu, untuk maskapai dalam negeri pemerintah akan memberikan diskon sebesar 30 persen untuk 10 destinasi tujuan wisata. Diskon tiket pesawat tersebut berasal dari insentif penurunan harga avtur.

"Diskonnya untuk pesawat pemerintah kasih kuota setiap pesawat 25 persen dari pesawat kasih diskon 30 persen. Itu on top dilakukan untuk pesawat-pesawat plus avtur di 10 destinasi diturunkan sehingga tentu airline bisa memberikan tambahan," jelasnya.

Mantan Menteri Perindustrian tersebut menambahkan, teknis pengaturan pemberian diskon tiket pesawat untuk menarik wisatawan tersebut diatur oleh Menteri Pariwisata Wishnutama. "Teknisnya dengan industri pariwisata, airline masing-masing. Kita akan dorong bahwa paket paket ini leading sektornya di menteri pariwisata," tandasnya.

 

2 dari 3 halaman

Influencer

Melihat Para Turis Berlibur di Pantai Kuta Bali
Perbesar
Dua turis wanita berpose saat difoto di pantai Kuta di pulau pariwisata Indonesia di Bali (4/1). Daerah ini merupakan tujuan wisata turis mancanegara dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal tahun 1970-an. (AFP Photo/Sony Tunbelaka)

Sebelumnya, Pemerintah Jokowi meluncurkan sejumlah strategi untuk mengatasi dampak menyebarnya virus corona, terutama untuk mengantisipasi melemahnya industri pariwisata dan membuat stimulus agar daya beli masyarakat dapat bertahan. Pemerintah meluncurkan beberapa insentif, termasuk menyediakan anggaran untuk influencer.

"Ada anggaran promosi (pariwisata) Rp103 miliar dan juga untuk kegiatan turisme sebesar Rp25 miliar dan 'influencer' sebanyak Rp72 miliar," ungkap Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Selasa kemarin

Insentif lainnya yaitu untuk wisatawan mancanegara dengan alokasi tambahan sebesar Rp 298,5 miliar yang terdiri dari alokasi untuk maskapai dan dan agen perjalanan diberikan diskon khusus ataupun semacam insentif totalnya Rp 98,5 miliar.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓